KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini. Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Praktikum P . I Teknik Non Tes yang diampu oleh pada program studi Bimbingan Konseling Universitas Yogyakarta.
Pada kesempatan ini, penulis dengan segala kerendahan hati menyampaikan rasa terima kasih atas segala bantuan secara langsung maupun tidak langsung, sumbangan pemikiran dan saran untuk penulis dan kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan laporan ini
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih mempunyai keterbatasan kemampuan dan pengalaman tentu dalam penulisan ini masih ada kekurangan baik dari segi teknis maupun isi, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca sangatlah diharapkan.
Penulis berharap agar laporan ini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran dan berguna bagi pembacanya. Amien.
Yogyakarta, juli 2010 penulis |
BAB I
PENDAHULUAN
Peserta didik adalah sumber daya manusia potensial. Namun dalam mengikuti proses pembelajaran sering menemui hambatan. indikator terjadinya hambatan itu adalah prestasi belajar rendah. Dan ini sulit diketahui penyebabnya . sehingga perlu kiranya segera ditemukan pemecahan mendasar, karena itu diperlukan berbagai macam tes yang nantinya ditemukan masalah-masalah yang dihadapi siswa tersebut.
Dari berbagai macam tes yang diberikan pesrta didik akan diperoleh data bakat, intelegensi, minat, dan aspek aspek lainya yang berkaitan dengan potensi peserta didik tersebut. Yang selanjutnya berbekal data-data ini pula pihak sekolah dan orang tua dapat mengantisipasi sedini mungkin kesulitan-kesulitan pada peserta didik.
Maksud dan tujuan servey
Maksud dan tujuan diadakan servey ini adalah:
Untuk mengetahui data tentang tes apa saja yang sudah digunakan pada peserta didik tersebut.
Untuk mengetahui bakat, minat, dan intelegensi serta aspak aspek lainya.
Untuk memenuhi salah satu tugas matakuliah Praktikum P I Teknik Non Tes pada program studi Bimbingan dan Konseling
Kegunaan servey atau observasi
Servey ini diharapkan berguna bagi beberapa fihak antara lain:
Bagi penyusun, laporan ini dapat berguna untuk menambah pengetahuan, pengalaman dan wawasan sebagai mahasiswa.
Tulisan ini diharapkan dapat pula berguna menjadi untuk masukan bagi pihak-pihak yang memerlukan.
Metode servey
Metode yang digunakan dalam penulisan laporan ini adalah : Wawancara langsung kepada guru bimbingan konseling
Lokasi servey
Nama Sekolah : SLTP Sleman
Alamat : Sleman
SYMBOLARTI SYMBOLASPEK YANG DIUNGKAPIIntelegensiKemampuan berfikir seseorang dalam memecahkan masalah pada umumnya.I N VIntelegensi non verbalKemampuan berfikir seseorang dalam memecahkan persoalan yang tak terkait bahasaI VIntelegensi verbalKemampuan berfikir seseorang dalam memecahkan persoalan yang terkait bahasaP BPengetahuan bahasaKemampuan berfikir logis seseorang alam memecahkan masalah engan menggunakan bahasa.
SYMBOL | ARTI SYMBOL | ASPEK YANG DIUNGKAP |
P P | Pengetahuan pasti | Kemampuan eseorang dalam memecahkan persoalan yang berhubungan dengan ilmu pasti. |
P U | Pengetahuan umum | Kemampuan seseorang dalam memecahkan persoalan yang bersifat umum dan praktis |
D K | Daya kualitatif | Kemampuan seseorang untuk menyelesaikan tugasnya dengan teliti dan sungguh- sungguh . |
E Q | Emosional question | Kemampuan seseorang dalam mengelola emosi atau kecerdasan |
Pemberian skor
Hasil tes ini disajikan dengan angka yang disusun berdasarkan skor standar dengan rata-rata M = 100 dan angka standar penyimpangan SD = 15 .berdasarkan kedua angka stastistik itu disusun skala tingkat intelegensi dan kemampuan mental lainya seperti di bawah ini :
INTERVAL | GOL | TINGKAT INTELEGENSI | TINGKAT KEMAMPUAN MENTAL |
145+ | A | Istemewa cerdas | Istemewa kuat |
130 – 140 | B | Sangat cerdas | Sangat kuat |
115 - 129 | C | Cedas | Kuat |
100 - 114 | D+ | Rata - rata | Rata – rata + |
85 - 99 | D- | Rata - rata | Rata- rata - |
70 - 84 | E | Lambat | Kurang |
| F | Sangat lambat | Sangat kurang |
- 54 | G | Sangat – sangat lambat | Sangat – sangat kurang |
(Data hasil tes yang telah diadakan pihak sekolah yang bekerjasama dengan suatu lembaga layanan bimbingan dan test intelegensi :
Ada dalam lampiran)???????????????????
0 komentaran