SUGENG RAWUH

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Melalui jejaring sosial website ini, kami bertekad dapat menyuguhkan layanan informasi secara umum maupun khusus yang meliputi aktifitas KBM, kegiatan siswa, prestasi sekolah/siswa, PSB dsb. Yang dapat diakses oleh siswa, guru, orang tua/wali siswa dan masyarakat secara cepat, tepat dan efisien.
Akhir kata, semoga layanan web site ini bermanfaat.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

observasi/survey bk

Dikirim 0leh Arjo moemedo Sunday, July 11, 2010


KATA PENGANTAR


Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini. Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Praktikum P . I Teknik Non Tes yang diampu oleh pada program studi Bimbingan Konseling Universitas Yogyakarta.
Pada kesempatan ini, penulis dengan segala kerendahan hati menyampaikan rasa terima kasih atas segala bantuan secara langsung maupun tidak langsung, sumbangan pemikiran dan saran untuk penulis dan kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan laporan ini
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih mempunyai keterbatasan kemampuan dan pengalaman tentu dalam penulisan ini masih ada kekurangan baik dari segi teknis maupun isi, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca sangatlah diharapkan.
Penulis berharap agar laporan ini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran dan berguna bagi pembacanya. Amien.



Yogyakarta, juli 2010



penulis

BAB I
PENDAHULUAN

Peserta didik adalah sumber daya manusia potensial. Namun dalam mengikuti proses pembelajaran sering menemui hambatan. indikator terjadinya hambatan itu adalah prestasi belajar rendah. Dan ini sulit diketahui penyebabnya . sehingga perlu kiranya segera ditemukan pemecahan mendasar, karena itu diperlukan berbagai macam tes yang nantinya ditemukan masalah-masalah yang dihadapi siswa tersebut.
Dari berbagai macam tes yang diberikan pesrta didik akan diperoleh data bakat, intelegensi, minat, dan aspek aspek lainya yang berkaitan dengan potensi peserta didik tersebut. Yang selanjutnya berbekal data-data ini pula pihak sekolah dan orang tua dapat mengantisipasi sedini mungkin kesulitan-kesulitan pada peserta didik.



  1. Maksud dan tujuan servey
Maksud dan tujuan diadakan servey ini adalah:


  1. Untuk mengetahui data tentang tes apa saja yang sudah digunakan pada peserta didik tersebut.


  2. Untuk mengetahui bakat, minat, dan intelegensi serta aspak aspek lainya.


  3. Untuk memenuhi salah satu tugas matakuliah Praktikum P I Teknik Non Tes pada program studi Bimbingan dan Konseling



  1. Kegunaan servey atau observasi
Servey ini diharapkan berguna bagi beberapa fihak antara lain:


  1. Bagi penyusun, laporan ini dapat berguna untuk menambah pengetahuan, pengalaman dan wawasan sebagai mahasiswa.


  2. Tulisan ini diharapkan dapat pula berguna menjadi untuk masukan bagi pihak-pihak yang memerlukan.


  1. Metode servey
Metode yang digunakan dalam penulisan laporan ini adalah : Wawancara langsung kepada guru bimbingan konseling


  1. Lokasi servey
Nama Sekolah : SLTP  Sleman
Alamat :   Sleman



  1. SYMBOL
    ARTI SYMBOL
    ASPEK YANG DIUNGKAP
    I
    Intelegensi
    Kemampuan berfikir seseorang dalam memecahkan masalah pada umumnya.
    I N V
    Intelegensi non verbal
    Kemampuan berfikir seseorang dalam memecahkan persoalan yang tak terkait bahasa
    I V
    Intelegensi verbal
    Kemampuan berfikir seseorang dalam memecahkan persoalan yang terkait bahasa
    P B
    Pengetahuan bahasa
    Kemampuan berfikir logis seseorang alam memecahkan masalah engan menggunakan bahasa.
    Aspek –aspek yang digunakan dalam tes tersebut :


SYMBOL
ARTI SYMBOL
ASPEK YANG DIUNGKAP
P P
Pengetahuan pasti
Kemampuan eseorang dalam memecahkan persoalan yang berhubungan dengan ilmu pasti.
P U
Pengetahuan umum
Kemampuan seseorang dalam memecahkan persoalan yang bersifat umum dan praktis
D K
Daya kualitatif
Kemampuan seseorang untuk menyelesaikan tugasnya dengan teliti dan sungguh- sungguh .
E Q
Emosional question
Kemampuan seseorang dalam mengelola emosi atau kecerdasan




  1. Pemberian skor
Hasil tes ini disajikan dengan angka yang disusun berdasarkan skor standar dengan rata-rata M = 100 dan angka standar penyimpangan SD = 15 .berdasarkan kedua angka stastistik itu disusun skala tingkat intelegensi dan kemampuan mental lainya seperti di bawah ini :
INTERVAL
GOL
TINGKAT INTELEGENSI
TINGKAT KEMAMPUAN MENTAL
145+
A
Istemewa cerdas
Istemewa kuat
130 – 140
B
Sangat cerdas
Sangat kuat
115 - 129
C
Cedas
Kuat
100 - 114
D+
Rata - rata
Rata – rata +
85 - 99
D-
Rata - rata
Rata- rata -
70 - 84
E
Lambat
Kurang


  1. - 69
F
Sangat lambat
Sangat kurang
- 54
G
Sangat – sangat lambat
Sangat – sangat kurang




(Data hasil tes yang telah diadakan pihak sekolah yang bekerjasama dengan suatu lembaga layanan bimbingan dan test intelegensi :
Ada dalam lampiran)???????????????????













0 komentaran

Total Pageviews

lalaaaa

berilah kritik dan saran pada saya
terimakasih.. salam Anharul Huda

ngobrol-ngobrol
[Close]

Like My Blog JO LALI PENCET JEMPOLNYA. OK

sedulur adoh seg mampir