Musik]
0.05
[Musik]
0.14
[Musik]
0.26
asalamualaikum Waalaikumsalam Silakan masuk
0.38
ad bagaim kabarnya hari ini Alhamdulillah iyau berima kasih
kepada ad karena ad
0.46
sudah menyatkan waktu untuk datang ke ruangk ini nah
sebelumnya apak ad tah kena dipanggille ibuak Bu Yaudah
0.54
kitaanut Sas keuangimbing
1.00
Iya Adel sebelum kita memulai konseling individu alangkah
baiknya kita berdoa
1.06
dulu ya E berdoanya Ibu Pimpin atau ada yang pimpin ibu yaud
sekarang ibu akan
1.12
pimpin doanya sebelum kita melaksanakan konseling individual
Mari kita berdoa Berdoa
1.21
mulai Berdoa selesai Nah di sini Ibu akan bertanya dulu
kepada ad Apakah ini
1.29
ke ruangan itu baru pertama kali Iya baru pertama kali ya
baru pertama kali tapi tidak apa-apa jangan tegang jangan
1.35
takut Nah di sini sebelum kita melaksanakan konseling
individual ibu akan menjelaskan dulu apa itu konseling
1.42
jadi konseling itu pemberian bantuan dari konselor jadi
konselornya ibu
1.48
sendiri Ibu BK jadi ibu guru BK dan konselinnya Adel Tapi
sebelumnya di sini
1.54
ada beberapa asas yang harus eh kita jalankan Dalam kegiat
konseling ini yang
2.01
pertama ada asas kerahasiaan jadi asas kerahasiaan ini Adel
tidak usah takut
2.07
Adel tidak usah eh malu jadi Adel percaya ke Ibu jadi
Insyaallah semua eh
2.12
curahan hati Adel semua yang Adel rasakan Ibu tidak akan
memberitahu kepada orang orang lain Jadi semuanya
2.19
ibu akan pegang rahasia Adel yang selanjutnya di sini ada
juga asas eh
2.25
keterbukaan jadi di manana Adel diharapkan untuk eh apa ya
jadi e
2.31
mengutarakan unak-undak Adel masalah Adel jadi tidak ada
dusta di antara kita
2.37
seperti itu ya baik Adel di sini Ibu ada laporan ada laporan
dari wali kelas ada
2.44
laporan dari guru mapel juga eh laporannya sekarang adil itu
mengalami
2.50
nilai nilai mata pelajaran itu rendah sekarang menurun yang
awalnya waktu itu
2.56
semester 2 ya di kelas 7 ad itu bagus malahan berprestasi
sekarang itu jadi ee
3.03
menurun jadi rendah Nah Ibu sebelumnya di sini ya Ee ingin
tahu dulu ingin tahu
3.10
dulu kenapa Adel bisa sekarang nilainnilainya turun terus di
kelas juga
3.17
Adel itu jarang apa ya jarang aktif gitu kan Ibu tahu Adel
itu di kelas 7 itu
3.22
sangat aktif anakanaknya ketika e belajar kelompok bersama
teman adil
3.27
bagus gitu ya tapi sekarang Ken apa ya Nah di sini kalau
boleh tahu nih
3.33
penyebabnya itu apa Gitu Ee kurangnya bimbingan dari orang
tua
3.39
terus temannya enggak asik terus e enggak bisa ngebagi waktu
karena es Oh
3.45
gitu Jadi yang pertama itu kurang bimbingan dari orang tua
orang tua ada kerja kerja kerja Oh Jadi kurangnya
3.53
perhatian dari orang tua juga kenapa itu yang kedua
teman-temannya tidak asik EE aduh Enggak tahu juga Bu soalnya kayak e
4.01
celelan oh jadi adael-sirelan yang tadi yang terakhir itu ad
susah Membagi waktu
4.07
karena banyak mengikuti urikuler di sekolah kalau Ibu boleh
tahu ekstruriuler apa saja adaikuti Pramuka
4.16
graiti tar Pramuka grafiti Tar juga ikutan
4.23
utan jugayaah gitu ya di sudah
4.29
laksanakan konseling individu siap Nah di sini konseling
individu itu ada 1 JP 1 jp-nya itu 30 menit ya beda lagi
4.37
dengan konseling eh klasikal Jadi kalau konseling klasikal
itu waktunya itu untuk SMP 40
4.45
menit nah di sini tadi ibu sudah mendengarkan identifikasi
masalah dari Adel yang pertama itu tadi Adel
4.52
kurangnya perhatian dan bimbingan dari orang tua yang
keduanya tadi temannya kurang asik di kelas yang ketiganya
4.58
tidak bisa membagi ee waktu Nah di sini Ibu akan melakukan
treatment Bagaimana
5.04
cara meningkatkan motivasi belajar jadi Adel nanti semangat
lagi untuk belajarnya Tapi ini tergantung dari diri
5.12
Adel sendiri Ibu hanya menjembatani ya Tapi sebelumnya ibu
akan menjelaskan
5.17
dulu apa itu motivasi jadi motivasi itu suatu apa suatu
pendorong pendorong
5.24
semangat ya jadi dorongan dari luar atau dalam untuk
mencapai sesu sesuatu dan
5.30
motivasi ini ada dua ada motivasi intrinsik ada motivasi
ekstrinsik
5.38
Mungkin ada yang sudah mendengar ya waktu itu Ibu pernah ke
kelas ya menjelaskan apa itu motivasi motivasi
5.46
intrinsik jadi itu motivasi yang berada di dalam diri kita
sendiri dan motivasi
5.52
ekstrinsik itu motivasi yang berada di luar contohnya
motivasi intrinsik itu adalah ee keinginan dari dalam diri kita
5.59
sendiri contohnya kita mempunyai kemampuan Ibu pernah
asesmen ya ke ad
6.05
juga pernah asesmen kecerdasan ya itu kecerdasan ada dalam
diri kita atau dari
6.11
luar e diri kita diri kita ada kecerdasannya kemarin apa eh
eh apa lupa
6.18
lagi lupa lagi kalau ibu lihat Kan Adel itu kalau gaya
belajarnya k estetik ya kalau kecerdasannya ada kecerdasan
6.24
bahasa mungkin ad juga kan mengikuti grafiti i di sanaana
itu ada adalah
6.30
motivasi-motivasi yang ada dalam diri kita sendiri ada juga
motivasi ekstrinsik kalau motivasi ekstrinsik itu
6.37
adalah motivasi yang ada di luar diri kita contohnya yang
tadi ada yang
6.43
Sebutkan keadaan rumah tangga ya keadaan orang tua Terus
saya ada juga ee cara
6.51
mengajar mungkin cara mengajar guru yang menonton atau
ceramah ada juga motivasi
6.56
dari teman ya motivasi dari teman dan dan yang paling
berpengaruh itu adalah
7.01
motivasi l lingkungan lingkungan itu yang sangat berpengaruh
mungkin itu ya pemaparan tentang motivasi sekilas Nah
7.09
di sini Ibu akan melakukan treatment melakukan konseling
individu ke Adel
7.14
melalui pendekatan rasional emotive behavior therapy ya Nah
Ibu itu
7.19
melakukan eh pendekatan dengan teknik self Adel tahu stok
itu apa enggak Bu
7.26
tidak tahu pernah tidak Adel berbicara dengan diri Ad yang
sendiri pernah Nah
7.31
itu itu yang dinamakan seltp jadi seltp itu artinya
7.36
berbicara pada diri sendiri ya jadi Adel pernah kan tadi
berdialog dengan diri kita sendiri kok kenapa sih saya tuh
7.44
seperti ini gitu ya Nadis atau ngomong dalam hati ngegeremet
gitu ya jadi di sini ada self itu ada dua ada self eh
7.52
positif dan ada selto negatif tah jadi Adel Adel itu harus
mengubah jadi yang
8.00
pikiran irasional Adil yang tadi Wah teman-teman kita itu di
kelas itu enggak enak enggak asik ada itu harus bisa
8.06
merubah Oh teman-teman kita itu Asik ya Te eh jadi sugesti
kitanya sendiri Oh Eh
8.14
misalnya orang tua tadi Ad yang Sebutkan tidak eh apa membb
tidak membimbing
8.19
tidak perhatian terhadap Adel sementara orang tua lain
ketika misalnya ada ee
8.25
lomba ee apa diantar gitu orang tua yang lain mendampingi
orang tua Adel tidak
8.31
tapi kan ada alasannya kenapa orang tua Adel seperti itu Eh
mungkin Sibuk karena Iya karena kerja untuk siapa eh Adel
8.38
untuk Adel Nah jadi Adel harus bisa merubah pemikiran Adel
yang irasional menjadi
8.44
eh rasional rasional Nah di sini ada tahapan-tahapan
selftnya jadi di sini Ibu akan mendengarkan dulu tahap eh
8.52
tahap mendengarkan self talk jadi nanti Ibu sebagai konselor
ada Sekali lagi
8.57
menyebutkan self talk self negatif adil ya yang selanjutnya
adil Ibu nanti akan
9.03
kasih kertas ke Adil jadi Adel menuliskan sel negatif yang
dialami adil
9.10
ya selanjutnya kita akan mengubah sel negatif menjadi nah
self negatif menjadi
9.18
pos positif Terus yang selanjutnya akan ada tahap menetapkan
eh
9.24
self positif kita harus komitmen terhadap ucapan ucapan kita
nah nah di
9.29
sini Ibu punya kertas ya punya kertas berwarna jadi Adel
nanti menuliskan selt
9.36
negatif dulu ya tapi Ibu akan mendengarkan sekali lagi shtop
Eh apa
9.41
negatif negatif dari Adel silakan sebelum ditulis tadi apa
yang pertama yang pertama teh kurang bimbingan dari
9.48
orang tua iya yang keduanya kedua teh teman-temannya Enggak
asik teman-temannya enggak asik yang ketiganya yang ketiga teh Enggak bisa
9.54
ngebagi waktu karena mengikuti banyak ekstrakurikuler nah
boleh ada ee tulis nama tulis kelas dan tulis S negatifnya
10.11
silakan Nah ada yang tulis hel e negatif yang tadi adil
10.20
ya Sel ya yang pertama
11.22
tidak bisa membagi waktu ya
11.53
nah oke Adel tadi sudah e menuliskan ya menuliskan sel
negatif
11.59
Nah sekarang ada ubah sel negatif ini menjadi sel positif
silakan di
12.08
bawah S
12.16
positif Nah kita yang pertama itu kurang bimbingan dari
orang tua tua jadi ad itu
12.23
beranggapan Mama meninggak perhatian ke Adel nah Adel ubah
ke selto positif
12.31
positif apa selto positifnya eh orang tua sangat
memperhatikan saya
12.38
Iya orang tua sangat memperhatikan
12.54
Iya memperhatikan dan sayang ya kepada saya kalau misalnya
orang tua yang tidak
13.00
sayang itu orang tua yang tidak bertanggung jawab tidak
mungkin kan bekerja itu bekerja untuk siapa untuk
13.06
tidak untuk kita untuk Adel ya jadi orang tua sangat
memperhatikan dan sayang kepada saya ya karena bekerja
13.14
juga untuk siapai kita untuk diri kita I duanya teman-teman
saya tidak
13.20
asik saya berpikir teman-teman saya apa tidak asik Iya Jadi
kalau self e
13.26
positifnya apa eh saya berpikir teman-teman Saya asyik dan
sangat Iya
13.33
menyenangkan saya
13.42
berpikir teman-teman
13.48
Saya asyik dan menyenangkan
14.04
oke yang ketiganya tadi tidak bisa membagi waktu nah e s
positifnya Seperti
14.10
apa saya bisa membagi waktu nah gitu saya jangan bilang
tidak bisa saya bisa
14.17
membagi waktu
14.29
Oke jadi Adel sudah ya tadi ya E sudah menuliskan sel
negatif dan sel positif
14.36
sekarang Ibu mau mendengarkan ad membacakan dengan keras ya
14.43
S positif nomor S du dan 3 silakan ad
14.48
sambil dipegang positif yang pertama orang tua saya sangat
memperhatikan dan sayang
14.55
kepada saya yang kedua saya berpikir teman-teman saya sangat
asik dan
15.00
menyenangkan yang ketiga saya bisa membagi waktu nah gitu ya
mudah-mudahan
15.07
nanti Adel bisa komitmen ya ad agar menambah pemahaman Adel
tentang self
15.12
Nanti ibu akan menayangkan video yang berjudul self jadi
Adel nanti boleh
15.17
catat apa saja yang Adel Eh lihat apa yang Adel dengar di
video yang
15.23
ditayangkan sudah siap ad siap Sudah siap
15.29
pernah enggak sih kamu berasa ingin bercerita tapi enggak
tahu mau cerita sama siapa Nah kenapa kamu enggak self
15.35
Talk aja ada Manfaat yang bisa kamu dapat loh dengan
melakukan self talk secara rutin ini dia
15.49
manfaatnya self talk ya self talk itu apa sih geng self talk
adalah kegiatan
15.56
berdialog dengan diri sendiri menggunakan inner voicey atau
suara di dalam hati yang dipengaruhi oleh pikiran
16.02
bawa sadar dengan mengungkapkan pikiran ataupun pertanyaan
nah pemikiran ini biasanya
16.09
kamu ucapkan dalam hati atau disuarakan secara lantang
sehingga menjadi sugesti bagi diri
16.14
sendiri karena efek dari self ini besar kamu harus hati-hati
ya dalam merucap
16.20
karena self sendiri ada yang bersifat positif ada yang
bersifat negatif negatif inialah bentuk
16.27
menjatuhkan diri sendiri yang pada akhirnya membuat kita
jadi pesimis dan malah menurunkan kualitas kesehatan
16.33
mental Contohnya seperti ini Duh Aku udah nyoba tapi tetap
gagal Wah Aku
16.39
payah banget sih sebaiknya kamu ubah kata-kata negatif itu
menjadi self talk
16.44
yang positif seperti ini Aku udah nyoba tapi gagal Ya udah
enggak apa-apa Aku
16.49
harus berusaha jadi lebih baik lagi semangat dan jangan ragu
buat mengulangi kata-kata positif tadi karena itu ngaruh
16.56
banget Untuk menyakinkan diri kamu sendiri nah Tentu aja ada
banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan
17.03
positif secara rutin yang pertamaal kamu bisa
17.09
merefleksikani Siapa sih yang akanilai kamu dengan sangat
jujur kalau bukan diri kamu sendiri self bisa jadi salah
17.16
satu cara untuk refleksi diri lewat self kamu akan lebih
gampang mencari tahu hal
17.22
apa di kamu yang mesti diperiki dan yangharusnya kamu perah
17.29
kamu akan dimudahkan saat mengambil keputusan bertanya
pendapat teman saat
17.35
mengambil keputusan memang salah satu hal yang baik tapi
salahsalah kamu Justru malah kebingungan dan batal
17.42
mengambil keputusan karena kamulah satu-satunya orang yang
paling mengerti apa yang kamu mau Mulai sekarang kamu
17.49
bisa belajar ambil keputusan tanpa intervensi dari orang
lain manfaat yang selanjutnya kamu bisa
17.57
jadi teman curhat bagi diri kamu sendiri kalian setuju engak
sih Kalau mencari teman itu juga
18.03
cocok-cocokan apalagi untuk teman berbagi cerita dan kkesa
kadang ada
18.08
topik yang memang sulit untuk diungkapkan meskipun kepada
sahabat atau keluarga sendiri siapa lagi tem yang tersisa
18.16
tentu saja diri kamu sendiri dong yang keempat sugesti yang
baik
18.21
dengan stress saat menghadapi sebuah masalah Pastinya kamu
membutuhkan
18.27
dukungan baik secara maupun Sis dukungan paling dekat yang
bisa kamu raih adalah
18.33
dukungan dari dalam diri kamu sendiri nah dengan begitu
stres yang tadinya negatif dapat diubah menjadi stres atau
18.41
stres yang baik manfaat self yang terakhir adalah selfc
selfcare sering
18.47
banget diidentikan dengan sesuatu yang mahal padahal kamu
juga bisa melakukannya cukup self dengan
18.55
self berbicara dengan diri sendiri akan membantuu kamu lebih
mengenal siapa kamu Sebenarnya apa yang kamu mau capai dan
19.03
apa yang membuat diri kamu bahagia Nah sekarang udah tahu
kan apa itu self talk serta manfaat yang bisa
19.10
dihasilkan Mulai sekarang kamu bisa loh mempraktiikkkan self
Talk untuk memelihara kesehatan
19.15
mental dan jangan lupa untuk toetat kasih komentar dan Oke
Adel itu video
19.23
yang Ibu bisa tayamkan di sana tadi banyak sekali ilmu-ilmu
tentang
19.29
ya Nah Ibu sekarang mau tanya kepada Adel Apakah Adel
menemukan E apa pesan
19.35
yang didapatkan dari video tadi atau Adel setelah melihat
video video tadi itu
19.42
Adel bisa mengutarakan atau menemukan apa saja
19.47
Eh tadi tentang itu ya tentang apa apa itu s itu
19.52
sendiri berdial dengan sendiri Nah tadi manfaat-manfaatnya
apa saja
19.59
refleksikan diri yang kedua mempermudah saat mengambil
keputusan yang ketiga
20.06
menjadi teman curhat yang keempat sugesti yang baik nah yang
tadi ada
20.12
sugesti yang baik itu apa jika jika saya terus berkata
positif maka saya bisa
20.17
mengurangi pikiran irasional saya nah Sekali lagi jika saya
berkata positif
20.24
maka saya bisa mengurangi pikiran irasional sayaul sekali
adil ya dengan ee berkata positif jadi kita bisa
20.32
memberikan sugesti yang positif juga terhadap diri kita
sendiri sugesti itu
20.39
apa jadi sugesti itu meyakinkan diri diri sendiri jadi Ee
kita itu bisa ee
20.45
apa ya menularkan energi sugesti kita kepada diri kita
sendiri paham Adel
20.51
paham Bu Iya Nah di sini Ibu harapkan e penyampaian Ibu dari
awal sampai akhir
20.57
di konseling idu yang tadi tentang motivasi belajar yang apa
yang rendah
21.03
mudah-mudahan Adel bisa e meningkatkan lagi motivasi
belajarnya sehingga Adel
21.08
yang pertama itu bisa nilainya seperti eh sediakala seperti
Adel Pas kelas 7
21.15
malahan harus semakin men meningkat ya tadi ee mudah-mudahan
video yang
21.22
disampaikan atau teknik-teknik self talk yang Ibu sampaikan
mudah-mudahan bisa mengembangkan self Talk eh diri Adel ya
21.30
jadi selalu berpikiran positif berpikiran yang positif
21.35
positif Karena Adel sudah bisa mengembangkan self e positif
ya sekarang
21.41
Ibu mau tahu rencana ke depannya Adel setelah tadi ibu
jelaskan ya Ibu sudah
21.47
mengetahui permasalahan Adel Terus ibu juga sudah memberikan
sedikit solusi ya yang tadi dalam permasalahan Adel
21.54
sekarang ibu pengin tahu rencana ke depan Adel setelah ee
mengikuti kegiatan
22.01
konsel ini saya ingin terus berkata positif biar bisa
meningkatkan motivasi
22.08
belajar saya oke Adel ibu senang sekali ya atas pernyataan
Adel yang e jadi adil
22.15
Sudah berani menyampaikan Saya ingin terus berkata positif
biar bisa meningkatkan motivasi belajar saya jadi
22.24
setidaknya Adel sudah mau berusaha yang asalnya motivasi
Adel sekarang belajarnya lagi menurun sekarang
22.30
motivasi belajar Adel meningkat lagi seperti waktu kelas
kelas 7 Nah Bagus
22.35
sekali Adel ya E Selanjutnya Ibu ingin mengevaluasi jadi ibu
ingin
22.41
merefleksikan kegiatan-kegiatan tadi dari tahap awal tahap
inti dan tahap
22.46
akhir ya Jadi ibu ingin mengevaluasi sejauh mana pemahaman
Adel tentang
22.52
konseling individual tentang tadi apa self talk nanti Adel
bisa isi kuestioner
22.59
ini siap Adel Siap Bu sini Adel ada lembar kuesioner
motivasi belajar jadi
23.05
Adel nanti isi identitas respondennya nama kelas nomor absen
sekolah hari
23.12
tanggal hari ini ya terus petunjuknya disajikan bisa
motivasi belajar nanti ada beberapa pertanyaan kalau S
23.18
alternatif jawabannya SS itu sangat setuju S setuju HS
kurang setuju TS
23.24
tidak setuju dan STS sangat tidak setuju jadi ini ada 10
pertanyaan yang harus ada yang jawab
23.31
yang pertama itu tadi saya optimis akan prestasi belajar
yang akan saya dapatkan
23.36
memperoleh nilai yang baik yang keduanya apa saya mampu
menerima segala hal
23.42
terkait hasil belajar yang saya dapatkan Oke nanti ada pilih
ya Terus eh yang
23.48
ketiga saya mampu mengembangkan pikiran S pikiran positif
untuk menyelesaikan
23.55
segala masalah belajar saya i yang keempat Saya memiliki
kemauan yang kuat
24.02
untuk belajar dan meningkatkan prestasi belajar saya oke
yang k saya percaya
24.09
dengan menggunakan posi saya akan m menghadapi segala
masalah positif belajar saya
24.16
dengan ba Saya yakin orang tua akan mendukung saya dengan segala
24.27
macamaj ala belajar denganik untuk memperoleh nilai yang
baik oke Del bila
24.35
menghadapi kesulitan dalam belajar Saya akan berusaha
menemukan solusi pemahan
24.40
masalahnya dengan menerapkan positif saya percaya bahwa saya
bukan
24.47
orang bodoh saya pasti mampu berprestasi sesuai dengan apa
yang diharapkan Oke
24.53
terakh meskipun saya tahahwaegalan itu pasti ada saya akan
25.00
tetap berjuang melakukan hal terbaik untuk mencapai hasil
belajar yang baik
25.05
Oke jadi ada yang sudah paham ya nanti adil isi dengan
alternatif jawabannya
25.10
silakan sekarang isi identitas responden
25.18
dulu bisa
25.26
Oke kelas
25.33
i ya
25.39
sat
25.50
okey hari sekarang tanggal 10 hari apa sekarang hari eh hari
Kamis hari Kamis
25.57
10 Oktober
26.06
Iya Nah di sini ada yang isi ya yang tadi pakai daftar cepis
26.17
Oke sini ya aja ya
26.31
Kalau setuju sangat setuju
26.45
boleh bisa deh ke bawahnya
26.52
oke h sini Ibu bantu ya
26.58
nah ini dicopy pase saja ni ini kalau setuju ini setuju
27.20
tidak lagi ya kontrol saja iya di bawahnya di bawahnya nomor
27.26
lima jawabannya apa dia sangat setuju okey conttrl V
27.34
okey so ini setuju sang setuju ctrl V
27.40
Yes lanjut ctrl V nah ke bawahnya Ca ke
27.51
bawahin nah tujuh
28.01
[Musik]
28.10
oke oke Adel tadi Adel Terima kasih sudah mengisi
instrumennya Eh tadi hasil
28.16
instrumen Adel sudah baik rata-rata nilainya tadi dari nilai
maksimalnya 40
28.22
tadi Adel nilainya hampir 32 jadi di sini kesimpulannya Adel
sudah bisa bisa
28.28
ee merubah pemikiran irasional Adel ya kan Iya Sebelum kita
akhiri Ibu ingin
28.35
menanyakan perasaan Adel apa yang Adel rasakan ketika
melaksanakan konseling individual ini ya silakan saya sudah
28.43
merasa lega dan semangat lagi untuk belajar Iya jadi ada
yang sudah lega sekarang jadi tidak ada
28.49
pemikiran-pemikiran yang negatif lagi ya tadi Eh tentang
masalah-masalah Adel Nah
28.55
selanjutnya kita akan ee eh apa eh kesimpulan kesimpulan
dari layanan
29.01
konseling Ini jadi yang pertama itu Adel sudah bisa merubah
pemikiran irasional
29.06
Adel sedikit demi sedikit menjadi lebih rasional jadi yang
keduanya Adel harus
29.12
berlatih secara terus-menerus ya jadi mengembangkan self
positif Ya benar itu
29.18
ad ya Iya Jadi untuk kedapannya kita akan merencanakan eh
pertemuan kita
29.23
seperti ini lagi ya agar mengetahui sejauh mana perubahan
ada perubahan yang Adel lakukan ya apa Adel
29.31
kira-kira bisa bertemu dengan ibu lagi bisa bu iya oke siap
e tapi ada yang
29.37
tidak ada paksaan kan tidak Oke Alhamdulillah berhubung
konseling individual kita sudah e selesai ya
29.45
Sekarang kita akan tutup eh dengan tadi diawali dengan doa
kita tutup juga dengan doa sekarang tadi yang duluan
29.52
yang doa Siapa ibu ibu sekarang Adel silakan eh berdoa dalam
hati
30.01
Berdoa selesai Iya terima kasih Adel ya iya salam untuk
keluarga di rumah
30.06
mudah-mudahan Adel bisa lebih mengembangkan ee tadi self
talk tadi dan semangat untuk e belajar ya terima kasih
0 komentaran