SUGENG RAWUH

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Melalui jejaring sosial website ini, kami bertekad dapat menyuguhkan layanan informasi secara umum maupun khusus yang meliputi aktifitas KBM, kegiatan siswa, prestasi sekolah/siswa, PSB dsb. Yang dapat diakses oleh siswa, guru, orang tua/wali siswa dan masyarakat secara cepat, tepat dan efisien.
Akhir kata, semoga layanan web site ini bermanfaat.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

skenario bmbingan konseling individu PPG BIMBINGAN KONSELING

Dikirim 0leh Arjo moemedo Thursday, September 25, 2025

 

 

Musik]

0.05

[Musik]

0.14

[Musik]

0.26

asalamualaikum Waalaikumsalam Silakan masuk

0.38

ad bagaim kabarnya hari ini Alhamdulillah iyau berima kasih kepada ad karena ad

0.46

sudah menyatkan waktu untuk datang ke ruangk ini nah sebelumnya apak ad tah kena dipanggille ibuak Bu Yaudah

0.54

kitaanut Sas keuangimbing

1.00

Iya Adel sebelum kita memulai konseling individu alangkah baiknya kita berdoa

1.06

dulu ya E berdoanya Ibu Pimpin atau ada yang pimpin ibu yaud sekarang ibu akan

1.12

pimpin doanya sebelum kita melaksanakan konseling individual Mari kita berdoa Berdoa

1.21

mulai Berdoa selesai Nah di sini Ibu akan bertanya dulu kepada ad Apakah ini

1.29

ke ruangan itu baru pertama kali Iya baru pertama kali ya baru pertama kali tapi tidak apa-apa jangan tegang jangan

1.35

takut Nah di sini sebelum kita melaksanakan konseling individual ibu akan menjelaskan dulu apa itu konseling

1.42

jadi konseling itu pemberian bantuan dari konselor jadi konselornya ibu

1.48

sendiri Ibu BK jadi ibu guru BK dan konselinnya Adel Tapi sebelumnya di sini

1.54

ada beberapa asas yang harus eh kita jalankan Dalam kegiat konseling ini yang

2.01

pertama ada asas kerahasiaan jadi asas kerahasiaan ini Adel tidak usah takut

2.07

Adel tidak usah eh malu jadi Adel percaya ke Ibu jadi Insyaallah semua eh

2.12

curahan hati Adel semua yang Adel rasakan Ibu tidak akan memberitahu kepada orang orang lain Jadi semuanya

2.19

ibu akan pegang rahasia Adel yang selanjutnya di sini ada juga asas eh

2.25

keterbukaan jadi di manana Adel diharapkan untuk eh apa ya jadi e

2.31

mengutarakan unak-undak Adel masalah Adel jadi tidak ada dusta di antara kita

2.37

seperti itu ya baik Adel di sini Ibu ada laporan ada laporan dari wali kelas ada

2.44

laporan dari guru mapel juga eh laporannya sekarang adil itu mengalami

2.50

nilai nilai mata pelajaran itu rendah sekarang menurun yang awalnya waktu itu

2.56

semester 2 ya di kelas 7 ad itu bagus malahan berprestasi sekarang itu jadi ee

3.03

menurun jadi rendah Nah Ibu sebelumnya di sini ya Ee ingin tahu dulu ingin tahu

3.10

dulu kenapa Adel bisa sekarang nilainnilainya turun terus di kelas juga

3.17

Adel itu jarang apa ya jarang aktif gitu kan Ibu tahu Adel itu di kelas 7 itu

3.22

sangat aktif anakanaknya ketika e belajar kelompok bersama teman adil

3.27

bagus gitu ya tapi sekarang Ken apa ya Nah di sini kalau boleh tahu nih

3.33

penyebabnya itu apa Gitu Ee kurangnya bimbingan dari orang tua

3.39

terus temannya enggak asik terus e enggak bisa ngebagi waktu karena es Oh

3.45

gitu Jadi yang pertama itu kurang bimbingan dari orang tua orang tua ada kerja kerja kerja Oh Jadi kurangnya

3.53

perhatian dari orang tua juga kenapa itu yang kedua teman-temannya tidak asik EE aduh Enggak tahu juga Bu soalnya kayak e

4.01

celelan oh jadi adael-sirelan yang tadi yang terakhir itu ad susah Membagi waktu

4.07

karena banyak mengikuti urikuler di sekolah kalau Ibu boleh tahu ekstruriuler apa saja adaikuti Pramuka

4.16

graiti tar Pramuka grafiti Tar juga ikutan

4.23

utan jugayaah gitu ya di sudah

4.29

laksanakan konseling individu siap Nah di sini konseling individu itu ada 1 JP 1 jp-nya itu 30 menit ya beda lagi

4.37

dengan konseling eh klasikal Jadi kalau konseling klasikal itu waktunya itu untuk SMP 40

4.45

menit nah di sini tadi ibu sudah mendengarkan identifikasi masalah dari Adel yang pertama itu tadi Adel

4.52

kurangnya perhatian dan bimbingan dari orang tua yang keduanya tadi temannya kurang asik di kelas yang ketiganya

4.58

tidak bisa membagi ee waktu Nah di sini Ibu akan melakukan treatment Bagaimana

5.04

cara meningkatkan motivasi belajar jadi Adel nanti semangat lagi untuk belajarnya Tapi ini tergantung dari diri

5.12

Adel sendiri Ibu hanya menjembatani ya Tapi sebelumnya ibu akan menjelaskan

5.17

dulu apa itu motivasi jadi motivasi itu suatu apa suatu pendorong pendorong

5.24

semangat ya jadi dorongan dari luar atau dalam untuk mencapai sesu sesuatu dan

5.30

motivasi ini ada dua ada motivasi intrinsik ada motivasi ekstrinsik

5.38

Mungkin ada yang sudah mendengar ya waktu itu Ibu pernah ke kelas ya menjelaskan apa itu motivasi motivasi

5.46

intrinsik jadi itu motivasi yang berada di dalam diri kita sendiri dan motivasi

5.52

ekstrinsik itu motivasi yang berada di luar contohnya motivasi intrinsik itu adalah ee keinginan dari dalam diri kita

5.59

sendiri contohnya kita mempunyai kemampuan Ibu pernah asesmen ya ke ad

6.05

juga pernah asesmen kecerdasan ya itu kecerdasan ada dalam diri kita atau dari

6.11

luar e diri kita diri kita ada kecerdasannya kemarin apa eh eh apa lupa

6.18

lagi lupa lagi kalau ibu lihat Kan Adel itu kalau gaya belajarnya k estetik ya kalau kecerdasannya ada kecerdasan

6.24

bahasa mungkin ad juga kan mengikuti grafiti i di sanaana itu ada adalah

6.30

motivasi-motivasi yang ada dalam diri kita sendiri ada juga motivasi ekstrinsik kalau motivasi ekstrinsik itu

6.37

adalah motivasi yang ada di luar diri kita contohnya yang tadi ada yang

6.43

Sebutkan keadaan rumah tangga ya keadaan orang tua Terus saya ada juga ee cara

6.51

mengajar mungkin cara mengajar guru yang menonton atau ceramah ada juga motivasi

6.56

dari teman ya motivasi dari teman dan dan yang paling berpengaruh itu adalah

7.01

motivasi l lingkungan lingkungan itu yang sangat berpengaruh mungkin itu ya pemaparan tentang motivasi sekilas Nah

7.09

di sini Ibu akan melakukan treatment melakukan konseling individu ke Adel

7.14

melalui pendekatan rasional emotive behavior therapy ya Nah Ibu itu

7.19

melakukan eh pendekatan dengan teknik self Adel tahu stok itu apa enggak Bu

7.26

tidak tahu pernah tidak Adel berbicara dengan diri Ad yang sendiri pernah Nah

7.31

itu itu yang dinamakan seltp jadi seltp itu artinya

7.36

berbicara pada diri sendiri ya jadi Adel pernah kan tadi berdialog dengan diri kita sendiri kok kenapa sih saya tuh

7.44

seperti ini gitu ya Nadis atau ngomong dalam hati ngegeremet gitu ya jadi di sini ada self itu ada dua ada self eh

7.52

positif dan ada selto negatif tah jadi Adel Adel itu harus mengubah jadi yang

8.00

pikiran irasional Adil yang tadi Wah teman-teman kita itu di kelas itu enggak enak enggak asik ada itu harus bisa

8.06

merubah Oh teman-teman kita itu Asik ya Te eh jadi sugesti kitanya sendiri Oh Eh

8.14

misalnya orang tua tadi Ad yang Sebutkan tidak eh apa membb tidak membimbing

8.19

tidak perhatian terhadap Adel sementara orang tua lain ketika misalnya ada ee

8.25

lomba ee apa diantar gitu orang tua yang lain mendampingi orang tua Adel tidak

8.31

tapi kan ada alasannya kenapa orang tua Adel seperti itu Eh mungkin Sibuk karena Iya karena kerja untuk siapa eh Adel

8.38

untuk Adel Nah jadi Adel harus bisa merubah pemikiran Adel yang irasional menjadi

8.44

eh rasional rasional Nah di sini ada tahapan-tahapan selftnya jadi di sini Ibu akan mendengarkan dulu tahap eh

8.52

tahap mendengarkan self talk jadi nanti Ibu sebagai konselor ada Sekali lagi

8.57

menyebutkan self talk self negatif adil ya yang selanjutnya adil Ibu nanti akan

9.03

kasih kertas ke Adil jadi Adel menuliskan sel negatif yang dialami adil

9.10

ya selanjutnya kita akan mengubah sel negatif menjadi nah self negatif menjadi

9.18

pos positif Terus yang selanjutnya akan ada tahap menetapkan eh

9.24

self positif kita harus komitmen terhadap ucapan ucapan kita nah nah di

9.29

sini Ibu punya kertas ya punya kertas berwarna jadi Adel nanti menuliskan selt

9.36

negatif dulu ya tapi Ibu akan mendengarkan sekali lagi shtop Eh apa

9.41

negatif negatif dari Adel silakan sebelum ditulis tadi apa yang pertama yang pertama teh kurang bimbingan dari

9.48

orang tua iya yang keduanya kedua teh teman-temannya Enggak asik teman-temannya enggak asik yang ketiganya yang ketiga teh Enggak bisa

9.54

ngebagi waktu karena mengikuti banyak ekstrakurikuler nah boleh ada ee tulis nama tulis kelas dan tulis S negatifnya

10.11

silakan Nah ada yang tulis hel e negatif yang tadi adil

10.20

ya Sel ya yang pertama

11.22

tidak bisa membagi waktu ya

11.53

nah oke Adel tadi sudah e menuliskan ya menuliskan sel negatif

11.59

Nah sekarang ada ubah sel negatif ini menjadi sel positif silakan di

12.08

bawah S

12.16

positif Nah kita yang pertama itu kurang bimbingan dari orang tua tua jadi ad itu

12.23

beranggapan Mama meninggak perhatian ke Adel nah Adel ubah ke selto positif

12.31

positif apa selto positifnya eh orang tua sangat memperhatikan saya

12.38

Iya orang tua sangat memperhatikan

12.54

Iya memperhatikan dan sayang ya kepada saya kalau misalnya orang tua yang tidak

13.00

sayang itu orang tua yang tidak bertanggung jawab tidak mungkin kan bekerja itu bekerja untuk siapa untuk

13.06

tidak untuk kita untuk Adel ya jadi orang tua sangat memperhatikan dan sayang kepada saya ya karena bekerja

13.14

juga untuk siapai kita untuk diri kita I duanya teman-teman saya tidak

13.20

asik saya berpikir teman-teman saya apa tidak asik Iya Jadi kalau self e

13.26

positifnya apa eh saya berpikir teman-teman Saya asyik dan sangat Iya

13.33

menyenangkan saya

13.42

berpikir teman-teman

13.48

Saya asyik dan menyenangkan

14.04

oke yang ketiganya tadi tidak bisa membagi waktu nah e s positifnya Seperti

14.10

apa saya bisa membagi waktu nah gitu saya jangan bilang tidak bisa saya bisa

14.17

membagi waktu

14.29

Oke jadi Adel sudah ya tadi ya E sudah menuliskan sel negatif dan sel positif

14.36

sekarang Ibu mau mendengarkan ad membacakan dengan keras ya

14.43

S positif nomor S du dan 3 silakan ad

14.48

sambil dipegang positif yang pertama orang tua saya sangat memperhatikan dan sayang

14.55

kepada saya yang kedua saya berpikir teman-teman saya sangat asik dan

15.00

menyenangkan yang ketiga saya bisa membagi waktu nah gitu ya mudah-mudahan

15.07

nanti Adel bisa komitmen ya ad agar menambah pemahaman Adel tentang self

15.12

Nanti ibu akan menayangkan video yang berjudul self jadi Adel nanti boleh

15.17

catat apa saja yang Adel Eh lihat apa yang Adel dengar di video yang

15.23

ditayangkan sudah siap ad siap Sudah siap

15.29

pernah enggak sih kamu berasa ingin bercerita tapi enggak tahu mau cerita sama siapa Nah kenapa kamu enggak self

15.35

Talk aja ada Manfaat yang bisa kamu dapat loh dengan melakukan self talk secara rutin ini dia

15.49

manfaatnya self talk ya self talk itu apa sih geng self talk adalah kegiatan

15.56

berdialog dengan diri sendiri menggunakan inner voicey atau suara di dalam hati yang dipengaruhi oleh pikiran

16.02

bawa sadar dengan mengungkapkan pikiran ataupun pertanyaan nah pemikiran ini biasanya

16.09

kamu ucapkan dalam hati atau disuarakan secara lantang sehingga menjadi sugesti bagi diri

16.14

sendiri karena efek dari self ini besar kamu harus hati-hati ya dalam merucap

16.20

karena self sendiri ada yang bersifat positif ada yang bersifat negatif negatif inialah bentuk

16.27

menjatuhkan diri sendiri yang pada akhirnya membuat kita jadi pesimis dan malah menurunkan kualitas kesehatan

16.33

mental Contohnya seperti ini Duh Aku udah nyoba tapi tetap gagal Wah Aku

16.39

payah banget sih sebaiknya kamu ubah kata-kata negatif itu menjadi self talk

16.44

yang positif seperti ini Aku udah nyoba tapi gagal Ya udah enggak apa-apa Aku

16.49

harus berusaha jadi lebih baik lagi semangat dan jangan ragu buat mengulangi kata-kata positif tadi karena itu ngaruh

16.56

banget Untuk menyakinkan diri kamu sendiri nah Tentu aja ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan

17.03

positif secara rutin yang pertamaal kamu bisa

17.09

merefleksikani Siapa sih yang akanilai kamu dengan sangat jujur kalau bukan diri kamu sendiri self bisa jadi salah

17.16

satu cara untuk refleksi diri lewat self kamu akan lebih gampang mencari tahu hal

17.22

apa di kamu yang mesti diperiki dan yangharusnya kamu perah

17.29

kamu akan dimudahkan saat mengambil keputusan bertanya pendapat teman saat

17.35

mengambil keputusan memang salah satu hal yang baik tapi salahsalah kamu Justru malah kebingungan dan batal

17.42

mengambil keputusan karena kamulah satu-satunya orang yang paling mengerti apa yang kamu mau Mulai sekarang kamu

17.49

bisa belajar ambil keputusan tanpa intervensi dari orang lain manfaat yang selanjutnya kamu bisa

17.57

jadi teman curhat bagi diri kamu sendiri kalian setuju engak sih Kalau mencari teman itu juga

18.03

cocok-cocokan apalagi untuk teman berbagi cerita dan kkesa kadang ada

18.08

topik yang memang sulit untuk diungkapkan meskipun kepada sahabat atau keluarga sendiri siapa lagi tem yang tersisa

18.16

tentu saja diri kamu sendiri dong yang keempat sugesti yang baik

18.21

dengan stress saat menghadapi sebuah masalah Pastinya kamu membutuhkan

18.27

dukungan baik secara maupun Sis dukungan paling dekat yang bisa kamu raih adalah

18.33

dukungan dari dalam diri kamu sendiri nah dengan begitu stres yang tadinya negatif dapat diubah menjadi stres atau

18.41

stres yang baik manfaat self yang terakhir adalah selfc selfcare sering

18.47

banget diidentikan dengan sesuatu yang mahal padahal kamu juga bisa melakukannya cukup self dengan

18.55

self berbicara dengan diri sendiri akan membantuu kamu lebih mengenal siapa kamu Sebenarnya apa yang kamu mau capai dan

19.03

apa yang membuat diri kamu bahagia Nah sekarang udah tahu kan apa itu self talk serta manfaat yang bisa

19.10

dihasilkan Mulai sekarang kamu bisa loh mempraktiikkkan self Talk untuk memelihara kesehatan

19.15

mental dan jangan lupa untuk toetat kasih komentar dan Oke Adel itu video

19.23

yang Ibu bisa tayamkan di sana tadi banyak sekali ilmu-ilmu tentang

19.29

ya Nah Ibu sekarang mau tanya kepada Adel Apakah Adel menemukan E apa pesan

19.35

yang didapatkan dari video tadi atau Adel setelah melihat video video tadi itu

19.42

Adel bisa mengutarakan atau menemukan apa saja

19.47

Eh tadi tentang itu ya tentang apa apa itu s itu

19.52

sendiri berdial dengan sendiri Nah tadi manfaat-manfaatnya apa saja

19.59

refleksikan diri yang kedua mempermudah saat mengambil keputusan yang ketiga

20.06

menjadi teman curhat yang keempat sugesti yang baik nah yang tadi ada

20.12

sugesti yang baik itu apa jika jika saya terus berkata positif maka saya bisa

20.17

mengurangi pikiran irasional saya nah Sekali lagi jika saya berkata positif

20.24

maka saya bisa mengurangi pikiran irasional sayaul sekali adil ya dengan ee berkata positif jadi kita bisa

20.32

memberikan sugesti yang positif juga terhadap diri kita sendiri sugesti itu

20.39

apa jadi sugesti itu meyakinkan diri diri sendiri jadi Ee kita itu bisa ee

20.45

apa ya menularkan energi sugesti kita kepada diri kita sendiri paham Adel

20.51

paham Bu Iya Nah di sini Ibu harapkan e penyampaian Ibu dari awal sampai akhir

20.57

di konseling idu yang tadi tentang motivasi belajar yang apa yang rendah

21.03

mudah-mudahan Adel bisa e meningkatkan lagi motivasi belajarnya sehingga Adel

21.08

yang pertama itu bisa nilainya seperti eh sediakala seperti Adel Pas kelas 7

21.15

malahan harus semakin men meningkat ya tadi ee mudah-mudahan video yang

21.22

disampaikan atau teknik-teknik self talk yang Ibu sampaikan mudah-mudahan bisa mengembangkan self Talk eh diri Adel ya

21.30

jadi selalu berpikiran positif berpikiran yang positif

21.35

positif Karena Adel sudah bisa mengembangkan self e positif ya sekarang

21.41

Ibu mau tahu rencana ke depannya Adel setelah tadi ibu jelaskan ya Ibu sudah

21.47

mengetahui permasalahan Adel Terus ibu juga sudah memberikan sedikit solusi ya yang tadi dalam permasalahan Adel

21.54

sekarang ibu pengin tahu rencana ke depan Adel setelah ee mengikuti kegiatan

22.01

konsel ini saya ingin terus berkata positif biar bisa meningkatkan motivasi

22.08

belajar saya oke Adel ibu senang sekali ya atas pernyataan Adel yang e jadi adil

22.15

Sudah berani menyampaikan Saya ingin terus berkata positif biar bisa meningkatkan motivasi belajar saya jadi

22.24

setidaknya Adel sudah mau berusaha yang asalnya motivasi Adel sekarang belajarnya lagi menurun sekarang

22.30

motivasi belajar Adel meningkat lagi seperti waktu kelas kelas 7 Nah Bagus

22.35

sekali Adel ya E Selanjutnya Ibu ingin mengevaluasi jadi ibu ingin

22.41

merefleksikan kegiatan-kegiatan tadi dari tahap awal tahap inti dan tahap

22.46

akhir ya Jadi ibu ingin mengevaluasi sejauh mana pemahaman Adel tentang

22.52

konseling individual tentang tadi apa self talk nanti Adel bisa isi kuestioner

22.59

ini siap Adel Siap Bu sini Adel ada lembar kuesioner motivasi belajar jadi

23.05

Adel nanti isi identitas respondennya nama kelas nomor absen sekolah hari

23.12

tanggal hari ini ya terus petunjuknya disajikan bisa motivasi belajar nanti ada beberapa pertanyaan kalau S

23.18

alternatif jawabannya SS itu sangat setuju S setuju HS kurang setuju TS

23.24

tidak setuju dan STS sangat tidak setuju jadi ini ada 10 pertanyaan yang harus ada yang jawab

23.31

yang pertama itu tadi saya optimis akan prestasi belajar yang akan saya dapatkan

23.36

memperoleh nilai yang baik yang keduanya apa saya mampu menerima segala hal

23.42

terkait hasil belajar yang saya dapatkan Oke nanti ada pilih ya Terus eh yang

23.48

ketiga saya mampu mengembangkan pikiran S pikiran positif untuk menyelesaikan

23.55

segala masalah belajar saya i yang keempat Saya memiliki kemauan yang kuat

24.02

untuk belajar dan meningkatkan prestasi belajar saya oke yang k saya percaya

24.09

dengan menggunakan posi saya akan m menghadapi segala masalah positif belajar saya

24.16

dengan ba Saya yakin orang tua akan mendukung saya dengan segala

24.27

macamaj ala belajar denganik untuk memperoleh nilai yang baik oke Del bila

24.35

menghadapi kesulitan dalam belajar Saya akan berusaha menemukan solusi pemahan

24.40

masalahnya dengan menerapkan positif saya percaya bahwa saya bukan

24.47

orang bodoh saya pasti mampu berprestasi sesuai dengan apa yang diharapkan Oke

24.53

terakh meskipun saya tahahwaegalan itu pasti ada saya akan

25.00

tetap berjuang melakukan hal terbaik untuk mencapai hasil belajar yang baik

25.05

Oke jadi ada yang sudah paham ya nanti adil isi dengan alternatif jawabannya

25.10

silakan sekarang isi identitas responden

25.18

dulu bisa

25.26

Oke kelas

25.33

i ya

25.39

sat

25.50

okey hari sekarang tanggal 10 hari apa sekarang hari eh hari Kamis hari Kamis

25.57

10 Oktober

26.06

Iya Nah di sini ada yang isi ya yang tadi pakai daftar cepis

26.17

Oke sini ya aja ya

26.31

Kalau setuju sangat setuju

26.45

boleh bisa deh ke bawahnya

26.52

oke h sini Ibu bantu ya

26.58

nah ini dicopy pase saja ni ini kalau setuju ini setuju

27.20

tidak lagi ya kontrol saja iya di bawahnya di bawahnya nomor

27.26

lima jawabannya apa dia sangat setuju okey conttrl V

27.34

okey so ini setuju sang setuju ctrl V

27.40

Yes lanjut ctrl V nah ke bawahnya Ca ke

27.51

bawahin nah tujuh

28.01

[Musik]

28.10

oke oke Adel tadi Adel Terima kasih sudah mengisi instrumennya Eh tadi hasil

28.16

instrumen Adel sudah baik rata-rata nilainya tadi dari nilai maksimalnya 40

28.22

tadi Adel nilainya hampir 32 jadi di sini kesimpulannya Adel sudah bisa bisa

28.28

ee merubah pemikiran irasional Adel ya kan Iya Sebelum kita akhiri Ibu ingin

28.35

menanyakan perasaan Adel apa yang Adel rasakan ketika melaksanakan konseling individual ini ya silakan saya sudah

28.43

merasa lega dan semangat lagi untuk belajar Iya jadi ada yang sudah lega sekarang jadi tidak ada

28.49

pemikiran-pemikiran yang negatif lagi ya tadi Eh tentang masalah-masalah Adel Nah

28.55

selanjutnya kita akan ee eh apa eh kesimpulan kesimpulan dari layanan

29.01

konseling Ini jadi yang pertama itu Adel sudah bisa merubah pemikiran irasional

29.06

Adel sedikit demi sedikit menjadi lebih rasional jadi yang keduanya Adel harus

29.12

berlatih secara terus-menerus ya jadi mengembangkan self positif Ya benar itu

29.18

ad ya Iya Jadi untuk kedapannya kita akan merencanakan eh pertemuan kita

29.23

seperti ini lagi ya agar mengetahui sejauh mana perubahan ada perubahan yang Adel lakukan ya apa Adel

29.31

kira-kira bisa bertemu dengan ibu lagi bisa bu iya oke siap e tapi ada yang

29.37

tidak ada paksaan kan tidak Oke Alhamdulillah berhubung konseling individual kita sudah e selesai ya

29.45

Sekarang kita akan tutup eh dengan tadi diawali dengan doa kita tutup juga dengan doa sekarang tadi yang duluan

29.52

yang doa Siapa ibu ibu sekarang Adel silakan eh berdoa dalam hati

30.01

Berdoa selesai Iya terima kasih Adel ya iya salam untuk keluarga di rumah

30.06

mudah-mudahan Adel bisa lebih mengembangkan ee tadi self talk tadi dan semangat untuk e belajar ya terima kasih

 

0 komentaran

Total Pageviews

lalaaaa

berilah kritik dan saran pada saya
terimakasih.. salam Anharul Huda

ngobrol-ngobrol
[Close]

Like My Blog JO LALI PENCET JEMPOLNYA. OK

sedulur adoh seg mampir