SUGENG RAWUH

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Melalui jejaring sosial website ini, kami bertekad dapat menyuguhkan layanan informasi secara umum maupun khusus yang meliputi aktifitas KBM, kegiatan siswa, prestasi sekolah/siswa, PSB dsb. Yang dapat diakses oleh siswa, guru, orang tua/wali siswa dan masyarakat secara cepat, tepat dan efisien.
Akhir kata, semoga layanan web site ini bermanfaat.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Teori dalam perkembangan anak

Dikirim 0leh Arjo moemedo Saturday, March 12, 2011

Teori dalam perkembangan anak
  1. Psikoanalisis ( Freud ):
    • kepribadian terdiri dari 3 struktur yaitu id, ego dan super ego
    • kebanyakan pemikiran anak anak bersifat tidak disadari
    • tuntutan struktur kepribadian yang saling berhubungan menyebabkan kecemasan
    • mekanisme pertahanan, khusunya represi, melindungi ego dan mengurangi kecemasan.
    • Masalah berkembang karena pengalaman masa anak anak
    • individu melalui 5 tahap perkembangan psikoseksual, yaitu oral anal phallic latency dan genital
    • Selama masa phalic, oedipus complex merupakan sumber utama konflik
  2. Psikososial (Erikson ) :
    menekankan pada 8 tahap perkembangan psikososial, yaitu :
    • Trust vs mistrust ( 0 – 1 tahun )
    • autonomy vs shame and doubt ( 1 – 3 tahun )
    • Initiative vs guilty ( 3 -5 tahun / pra sekolah )
    • industry vs inferiority ( 6 – 11 tahun / masa sekolah )
    • Identity vs identity confusion ( 12 – 18 / masa remaja )
    • Intimacy vs isolation ( 18 – 40 / masa dewasa dini )
    • generativity vs stagnan ( 40 – 60 tahun / masa dewasa madya )
    • Ego integrity vs despair ( > 60 th / dewasa lanjut )
  3. Teori kognitif ( Piaget )
    • individu termotivasi untuk memahami dunia, dengan menggunakan proses perngorganisasian dan penyesuaian diri ( asimilasi dan akomodasi )
    • Individu melampaui 4 tahap perkembangan kognitif , sensori motor, pra operasional, operasional konkrit dan formal
  4. Teori perilaku dan belajar sosial ( Skinner dan bandura )
    • Skinner : Pakar teori behaviorist ( teori perilaku ), perkembangan adalah perilaku yang diminati, ditentukan / dipengaruhi oleh adanya hadiah dan hkuman dalam lingkungan
    • bandura : Teori social learning ( belajar sosial ), lingkungan adalah faktor penting yang mempengaruhi perilaku , meskipun proses kognitif juga tidak kalah pentingnya manusia memiliki kemampuan untuk mengendalikan polanya sendiri
  5. Teori etologis ( Konrad lorenz )
    Etologi menekankan landasan biologis, dan evolusioner perkembangan. Penamaan ( imprinting ) dan periode penting ( critical period ) merupakan konsep kunci
  6. Teori ekologi ( bronfen – brenner )
    ada 5 sistem linkungan yang penting :
    • Mikrosistem ( keluarga, peer group, sekolah , misal : penaruh pola asuh terhadap perilaku )
    • Mesosistem ( antara bebeapa mikrosistem, misal : anak yang ditolak keluarga akan berpengaruh pada hub guru )
    • Eksosistem ( Pengalaman dari setting social tertenut, misal pengalaman / tuntutan kerja terhadap suami – isteri dan anak. )
    • Kronosistem ( pemolaan – peristiwa dan keadaan sosio historis, mis : efek perceraian terhadap anak )

0 komentaran

Total Pageviews

lalaaaa

berilah kritik dan saran pada saya
terimakasih.. salam Anharul Huda

ngobrol-ngobrol
[Close]

Like My Blog JO LALI PENCET JEMPOLNYA. OK

sedulur adoh seg mampir