SUGENG RAWUH

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Melalui jejaring sosial website ini, kami bertekad dapat menyuguhkan layanan informasi secara umum maupun khusus yang meliputi aktifitas KBM, kegiatan siswa, prestasi sekolah/siswa, PSB dsb. Yang dapat diakses oleh siswa, guru, orang tua/wali siswa dan masyarakat secara cepat, tepat dan efisien.
Akhir kata, semoga layanan web site ini bermanfaat.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Keunggulan dan kelemahan Wawancara dan Questionaire

Dikirim 0leh Arjo moemedo Friday, July 1, 2011

 
Metode Pengumpulan Data
Keunggulan
Kelemahan
Mail Questionaire
·        Kerahasiaan reponden terjaga.
·        Mempunyai sebaran responden secara geografis luas
·        Souvenir  dapat disertakan agar memotivasi responden
·     Responden memiliki kebebasan mengatur waktu pengisian sesuai pfererensi mereka masing-masing
·        Dapat dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan teknologi informasi. Misal lewat e-mail, fax dan lain sebagainya.

·        Tingkat pengembalian relatif rendah (biasanya di bawah 30% dari responde yang mengisi kuesionaer)
·        Jika ada yang tidak jelas, responden tidak dapat meminta penjelasan
·        Diperlukan prosedur tambahan untuk memproses yang tidak kembali
Electronik Questionaire
·        Mudah untuk mengelolanya
·        Mempunyai daya jangkau luas
·        Sangat murah
·        Sangat cepat untuk dikirimkan
·        Responden memiliki kebebasan mengatur waktu pengisian sesuai preferensi mereka masing0masing
·        Responden harus dapat mengoperasikan komputer secara baik
·        Responden harus mempunyai akses yang cukup leluasa pada internet.
Telephone Questionaire
·        Lebih murah dan lebih cepat dari personel interview
·        Dapat menjangkau area geografis luas
·        Tingkat kerahasissan lebih tinggi dari personal interview
·        Tidak dapat melihat nonverbal clues
·        Proses wawancara harus singkat
·        Data nomor telephon dapat berubah, sehingga memungkinkan sekelompok responden harus dibatalkan sebagai sampel karena tidak dapat dihubungi
Personally Administred Questionaire
·        Dapat memotivasi responden serta identifikasi non-verbal clues
·        Keraguan dari responden dapat dikurangi, karena peneliti dapat memklarifikasi pertanyan responden
·        Hampir 100% dari kuesionaire dapat diterima kembali
·        Tingkat kerahasiaan tinggi

·        Organisasi tempat responden bekerja kemungkinan akan keberatan, jika karyawannya harus mengisi kuesioner di tempat kerja, Karen aakan mengganggu pekerjaan.
Keunggulan dan kelemahan Wawancara dan Questionaire
Personal or face to face
·        Dapat memotivasi responden
·        Dapat berbagai kebingungan yang dialami responden
·        Dapat menangkap aspek non verbal dari responden saat menjawab
·        Data dapat diperkaya dengan bernagai macam pertanyaan tambahan, bila di pandang perlu
·        Memerlukan waktu banyak
·        Biaya akan menjadi besar bila harus meng-over letak geografis besar
·        Responden mungkin sangat tertutup mengngat mereka harus memberikan informasi kepada orang asing
·        Penelitit harus memiliki bekal keahlian untuk melakukan wawancara
·        Responden dapat berhenti dalam menjawab pertanyaan serta meminta wawancara dihentikan, apabila dia merasa tidak nyaman dengan proses wawancara tersebut

0 komentaran

Total Pageviews

lalaaaa

berilah kritik dan saran pada saya
terimakasih.. salam Anharul Huda

ngobrol-ngobrol
[Close]

Like My Blog JO LALI PENCET JEMPOLNYA. OK

sedulur adoh seg mampir