SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan : 1
Mencapai Kematangan Dalam Beriman dan Bertaqwa
kepada Tuhan yang Maha Esa
Sekolah : ................................
Kelas/Semester : VIII
Tahun Pelajaran : 2010/2011
A. Bahasan/Topik
Permasalahan : Nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
B. Bidang bimbingan : Sosial
C. Jenis layanan : Informasi
D. Fungsi layanan : Pemahaman
E. Kompetensi
yg ingin dicapai : Siswa dapat memahami nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
F. Uraian Kegiatan
1. Strategi penyajian : Klasikal (ceramah, tanya jawab, diskusi)
2. Materi : 1. Pengertian nilai-nilai ajaran agama
2. Pentingnya nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
G. Tempat
penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi waktu : 1 x 45 menit
I. Pihak yang
disertakan/Peran : Guru agama/penyaji
J. Alat dan perlengkapan : alat tulis, buku sumber
K. Rencana Penilaian : laiseg, laijapen, laijapan
L. Rencana Tindak lanjut : - Melaksanakan bimbingan kelompok
- Melaksanakan konseling individu
M. Catatan khusus :
Indonesia, ... Agustus 2011
Mengetahui Kepala Sekolah | | Guru Pembimbing |
| | NIP. |
PENILAIAN KEBERHASILAN
LAYANAN BK
Tugas Perkembangan : 1
Mencapai Kematangan Dalam Beriman dan Bertaqwa
kepada Tuhan yang Maha Esa
Sekolah : ..............................................................
Kelas/Semester : VIII
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Kelas/Semester : X/1
Bidang bimbingan : Sosial
Jenis layanan : Informasi
Topik Bahasan : Nilai-nilai ajaran yang terkandung dalam agama
Isi Materi : 1. Pengertian nilai-nilai ajaran agama
2. Pentingnya nilai-nilai ajaran agama
Penilaian : Laiseg
Instrumen penilaian : Angket
Angket
No | Pertanyaan | Jawaban | ||
Sering | Kadang2 | Tdk pernah | ||
1. | Melaksanakan ibadah wajib dengan baik | | | |
2. | Menghindari larangan-larangan agama | | | |
3. | Mengajak dan mentraktir teman ke kantin | | | |
4. | Menyumbang untuk pembangunan tempat ibadah | | | |
5. | Menolong teman yang terkena musibah | | | |
6. | Ikut merasakan penderitaan orang lain | | | |
7. | Mengagumi ciptaan tuhan | | | |
8. | Mensyukuri rahmat dan nikmat yang di karuniai oleh Tuhan Yang Maha Esa | | | |
9. | Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan | | | |
10. | Meningkatkan kualitas ibadahnya | | | |
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan : 2
Mencapai Kematangan Dalam Hubungan Teman Sebaya
Serta Kematangan dalam peranannya sebagai pria atau wanita
Sekolah :
Kelas/Semester : XI / 2
Tahun : 2005 - 2006
A. Bahasan/Topik
Permasalahan : Etika pergaulandengan teman sebaya
B. Bidang bimbingan : Sosial
C. Jenis layanan : Informasi
D. Fungsi layanan : Pemahaman
E. Kompetensi
yg ingin dicapai : Siswa dapat memahami pentingnya etika pergaulan antara pria dan wanita
F. Uraian Kegiatan
1. Strategi penyajian : - Guru pembimbing memberikan penjelasan kepada siswa
- Dilanjutkan diskusi kelompok
- Diadakan kesimpulan dari hasil diskusi kelompok
2. Materi : 1. Batas pergaulan pria atau wanita
2. Cara menempatkan diri dalam pergaulan antara pria dan wanita
G. Tempat
penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi waktu : 2 x 45 menit
I. Pihak yang
disertakan/Peran :
J. Alat dan perlengkapan : Papan tulis, buku sumber
K. Rencana Penilaian : laiseg, laijapen, laijapan
L. Rencana Tindak lanjut : - Konseling perorangan
M. Catatan khusus :
indonesiaa, 30 September 2011
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
_________________ __________________
NIP NIP
PENILAIAN KEBERHASILAN
LAYANAN BK
Tugas Perkembangan 2 : Mencapai kematangan dalam hubungan teman sebaya serta kematangan dalam perananya sebagai pria dan wanita
Kelas/Semester : XI/2
Bidang bimbingan : Sosial
Jenis layanan : Informasi
Topik Bahasan : Etika pergaulan dengan teman sebaya
Isi Materi : 1. Batas-batas pergaulan pria atau wanita
2. Cara menempatkan diri dalam pergaulan antara pria atau wanita
Penilaian : Laiseg, laijapen, laijapang
Instrumen penilaian : Angket
Questionare
I. Angket
No | Pernyataan | Jawaban | ||
Sering | Kadang-kadang | Tidak Pernah | ||
1. | Saya bersahabat dengan teman yang sejalan dengan saya | | | |
2. | Saya bersikap jujur dalam bersahabat | | | |
3. | Saya tidak mau tahu perasaan teman-teman saya | | | |
4. | Saya akan menerima teman apa adanya | | | |
5. | Saya kadang benci dengan sikap teman saya | | | |
6. | Saya mengungkapkan isi hati saya pada teman yang paling aku percaya | | | |
7. | Saya berusaha mengerti dengan teman saya | | | |
8. | Saya bergaul dengan teman tertentu saja | | | |
9. | Saya bergabung kegiatan yang saya senangi | | | |
10. | Saya curiga dengan teman yang belum saya kenal | | | |
II. Questioner
1. Sikap yang diharapkan dari seorang pria dalam pergaulan
-
-
-
-
-
2. Sikap yang diharapkan oleh seorang seorang perempuan
-
-
-
-
-
3. Tuliskan motivasi Anda menghargai teman lawan jenis Anda
-
-
-
-
-
4. Tuliskan norma-norma yang membatasi pergaulan dengan lawan jenis
-
-
-
-
-
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DANKONSELING
Tugas Perkembangan 3
Mencapai kematangan pertumbuhan jasmani yang sehat
Sekolah : SMA
Kelas/Semester : X / 2
Tahun : 2011/2010
A. Bahasan/
Topik/Permasalahan : Contoh-contoh pentingnya kondisi jasmani yang sehat
dalam hubungan sosial
B. Bidang Bimbingan : Sosial
C. Jenis Layanan : Informasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Kompetensi yang ingin : Mengetahui cara mengelola sampah
Dicapai
F. Uraian Kegiatan :
1. Strategi Penyajian : Klasikal (ceramah, tanya jawab)
2. Materi : Cara-cara pengelolaan sampah yang baik
G. Tempat Penyelenggaraan : Di dalam kelas / di luar kelas
H Alokasi Waktu : 1X 45 menit
I. Pihak yang Disertakan/
Peran : -
J. Alat dan Perlengkapan : -
K. Rencana Penilaian : Ket. proses
Rencana Tindak Lanjut : a. Bimbingan kelompok
b. -
L. Catatan Khusus : -
……………………….2010
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
NIP NIP
PENILAIAN KEBERHASILAN
LAYANAN BK
Tugas Perkembangan 3 : Mencapai kematangan pertumbuhan jasmani yang sehat
Kelas/Semester : X/1
Bidang bimbingan : Sosial
Jenis layanan : Informasi
Topik Bahasan : Contoh-contoh pentingnya kondisi jasmani yang sehat dalam hubungan sosial
Isi Materi : Cara-cara pengelolaan sampah yang baik
Penilaian : Laiseg, laijapen
Instrumen penilaian : Angket
I. Angket
No | Pernyataan | Jawaban | ||
Sering | Kadang-kadang | Tidak Pernah | ||
1. | Membuang sampah pada tempatnya | | | |
2. | Memisahkan sampah yang kering dengan yang basah | | | |
3. | Membakar sampah yang kering | | | |
4. | Menanam sampah basah | | | |
5. | Memanfaatkan sampah yang masih bisa digunakan/mendaur ulang | | | |
6. | Berpikir untuk mendaur ulang sampah | | | |
7. | Pernah membuat kompos | | | |
8. | Membersihkan sampah yang berserakan | | | |
9. | Menegur orang lain yang tidak membuang sampah pada tempatnya | | | |
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan 4:
(Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum,
persiapan karir dan melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas)
Sekolah : SMA
Kelas/Semester : X/1,2
Tahun :2010/2011
A. Bahasan/ Topik Permasalahan : Informasi Perguruan Tinggi.
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Informasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa memahami tentang macam-macam Perguruan Tinggi
F. Uraian Kegiatan
1. Strategi Penyajian : Klasikal, informasi, Tanya jawab
2. Materi : 1. Pengertian perguruan tinggi
2. Jenis-jenis perguruan tinggi
3. Status perguruan tinggi
G. Tempat Penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. Pihak yang disertakan/Peran : Siswa X
J. Alat dan Perlengkapan : OHP, buku panduan Perguruan Tinggi
K. Rencana Penilaian : Penilaian proses
L. Rencana Tindak Lanjut : a. Konseling individu
b. Konseling kelompok
M. Catatan Khusus :
…….., ……………...2011
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
…………………….. ……………………….
NIP NIP
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan 4:
((Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum,
persiapan karir dan melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas)
Sekolah : SMA
Kelas/Semester : XI
Tahun :20101./2011
A. Bahasan/ Topik Permasalahan : Mengenal macam-macam fakultas dan jurusan di Perguruan Tinggi
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Informasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa mendapat pengetahuan tentang macam-macam fakultas dan jurusan di Perguruan Tinggi
F. Uraian Kegiatan
1. Strategi Penyajian : Klasikal, informasi, Tanya jawab, diskusi
2. Materi : - Macam-macam fakultas
- Prospek Perguruan Tinggi
G. Tempat Penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. Pihak yang disertakan/Peran : Siswa X I
J. Alat dan Perlengkapan : OHP, buku panduan Perguruan Tinggi
K. Rencana Penilaian : Penilaian proses
L. Rencana Tindak Lanjut : a. Bimbingan kelompok
b. Konseling kelompok
M. Catatan Khusus :
…….., ……………...2011
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
…………………….. ……………………….
NIP NIP
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan 4:
((Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum,
persiapan karir dan melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas)
Sekolah : SMA
Kelas/Semester : XII
Tahun :2005/2006
A. Bahasan/ Topik Permasalahan : Memanfaatkan Teknologi.
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Informasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa dapat menerapkan teknologi sesuai dengan perkembangan zaman
F. Uraian Kegiatan
1. Strategi Penyajian : Klasikal, informasi, Tanya jawab
2. Materi : Teknologi informasi
G. Tempat Penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. Pihak yang disertakan/Peran : Siswa XII
J. Alat dan Perlengkapan : OHP,
K. Rencana Penilaian : Penilaian proses
L. Rencana Tindak Lanjut : a. Bimbingan individu
b.
M. Catatan Khusus :
…….., ……………...2011
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
…………………….. ……………………….
NIP NIP
PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK
Tugas Perkembangan : Mengembangkan penguasaan ilmu teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dalam melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang luas
Kelas/Semester : X
Topik Bahasan : Mengenal macam-macam Perguruan Tinggi
Bidang Bimbingan : Pribadi
Jenis Layanan : Informasi
Isi Materi : 1. Macam-macam jenis Perguruan Tinggi Negeri
2. Macam-macam jenis Perguruan Tinggi Swasta
Penilaian - Laiseg
- Laijapen
- Laijapang
Angket
No | Pernyataan | Jawaban | ||
Sangat Paham | Paham | Tidak Paham | ||
1. 2. 3 4. 5. 6. 7. 8. 9. | Macam-macam Perguruan Tinggi di Indonesia Macam-macam jenis Perguruan Tinggi di Indonesia Macam-macam fakultas di Perguruan Tinggi Macam-macam jurusan di Perguruan Tinggi Macam-macam jenjang perguruan tinggi Sistem perkuliahan di Perguruan TInggi Macam-macam jabatan di Perguruan Tinggi Macam-macam fakultas di Perguruan Tinggi Prospek di Perguruan Tinggi Praktek perkulian (PKL, KKN) | | | |
PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK
Tugas Perkembangan : Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dalam melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas.
Kelas/Semester : XI
Topik Bahasan : Mengenal macam-macam Fakultas/jurusan di Perguruan Tinggi
Bidang Bimbingan : Pribadi
Jenis Layanan : Informasi
Isi Materi : 1. Macam-macam fakultas/jurusan di Perguruan Tinggi
Penilaian - Laiseg
- Laijapen
- Laijapang
Angket
No | Pernyataan | Jawaban | ||
Sangat Paham | Paham | Tidak Paham | ||
1. 2. 3 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10 11 | Macam-macam Fakultas/jurusan teknik Macam-macam Fakultas/jurusan pertanian Macam-macam Fakultas/Jurusan Peternakan Macam-macam Fakultas/jurusan Perikanan Macam-macam Fakultas/jurusan Kedokteran Macam-macam Fakultas/Jurusan Ekonomi Macam-macam Fakultas/jurusan Ilmu Alam Macam-macam Fakultas/Jurusan Ilmu Sosial Macam-macam Fakultas/jurusan Bahasa dan Sastra Macam-macam Fakultas/jurusan Informatika Macam-macam Fakultas/Jurusan Farmasi | | | |
PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK
Tugas Perkembangan 4 : Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dalam melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dan kehidupan masyarakat yang lebih luas
Kelas/Semester : XII
Topik Bahasan : Memanfaatkan Teknologi
Bidang Bimbingan : Pribadi
Jenis Layanan : Informasi
Isi Materi : Teknologi Informasi
Penilaian - Laiseg
- Laijapen
- Laijapang
Instrumen Penilaian : Angket
No | Pernyataan | Jawaban | ||
Sangat Paham | Paham | Tidak Paham | ||
1. 2. 3 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10 | Penggunaan Radio dan TU Penggunaan Telepone Penggunaan Handphone Penggunaan HT (Handy Talky) Penggunaan OHP (Overhead Projector) Penggunaan LCD (Lycuid Crystal Dissplay) Penggunaan Computer Penggunaan Informasi dari Internet Penggunaan Parabola Penggunaan Satelit | | | |
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan 5:
(Mencapai Kematangan dalam Pilihan Karir)
Sekolah : SMA
Kelas/Semester : X/1,2
Tahun :2005/2006
A. Bahasan/ Topik Permasalahan : Memilih Jurusan di SMA yang sesuai dengan bakat dan minat.
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Informasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa mampu memilih jurusan di SMA yang sesuai dengan bakat dan minat
F. Uraian Kegiatan
1. Strategi Penyajian : Klasikal :
a. Menyiapkan siswa untuk memasuki
proses pemberian layanan.
b. Penjelasan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan.
c. Pengisian tentang penjajakan angket penjurusan.
2. Materi : a. Syarat-syarat akademis program IPA
b. Syarat-syarat akademis program IPS
c. Syarat-syarat akademis program BHS
G. Tempat Penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. Pihak yang disertakan/Peran : Siswa X
J. Alat dan Perlengkapan : OHP, Kurikulum, Papab Tulis, Spidol, Kertas.
K. Rencana Penilaian : Laiseg, Laijapen,Laijapang
L. Rencana Tindak Lanjut : a. Bimbingan individu
b. Bimbingan kelompok
c. Pengisian Angket Penjurusan
M. Catatan Khusus : Mempertimbangkan Prestasi Akademik
…….., ……………...2011
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
…………………….. ……………………….
NIP NIP
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan 5:
((Mencapai Kematangan dalam Pilihan Karir)
Sekolah : SMA
Kelas/Semester : XI/1,2
Tahun :2005/2006
A. Bahasan/ Topik Permasalahan : Memilih Kegiatan Ekstra Kurikuler
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Informasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa mampu memilih kegiatan ekstrakurikuler yang tepat
F. Uraian Kegiatan
1. Strategi Penyajian : Klasikal :
a. Menyiapkan siswa untuk memasuki
proses pemberian layanan.
b. Pemberian layanan informasi tentang berbagai kegiatan ekstrakurikuler
c. Pengisian tentang penjajakan angket pemilihan ekstrakurikuler.
2. Materi : -Macam-macam kegiatan ekstrakurikuler
-Ekstrakurikuler yang mendukung karir
- Kiat-kiat mencapai prestasi di bidang
ekstrakurikuler
G. Tempat Penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. Pihak yang disertakan/Peran : Bagiankesiswaan,Koordinator Ekstrakurikuler
J. Alat dan Perlengkapan : OHP, Papan Tulis, Angket
K. Rencana Penilaian : Laiseg, Laijapen, Laijapang
L. Rencana Tindak Lanjut : a. Bimbingan kelompok
b. Konseling kelompok
M. Catatan Khusus :
…….., ……………...2011
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
…………………….. ……………………….
NIP NIP
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan 5:
((Mencapai Kematangan dalam Pilihan Karir)
Sekolah : SMA
Kelas/Semester : XII/1,2
Tahun :2005/2006
A. Bahasan/ Topik Permasalahan : Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Orientasi, Informasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa mampu memilih Jurusan di Perguruan Tinggi yang sesuai dengan bakat dan minat
F. Uraian Kegiatan
1. Strategi Penyajian : Klasikal :
a. Menyiapkan siswa untuk memasuki
proses pemberian layanan.
b. Pemberian layanan informasi tentang berbagai jurusan yang ada di Perguruan Tinggi
c. Pengisian tentang penjajakan angket pemilihan Jurusan/Perguruan Tinggi.
2. Materi : a. Perguruan Tinggi yang ada di
Indonesia.
b. Penjenjangan Perguruan Tinggi
c. Pengelompokan program studi
menurut jenjangnya.
G. Tempat Penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
I. Pihak yang disertakan/Peran : PT/PTS
J. Alat dan Perlengkapan : OHP, Papan Tulis, Brosur
K. Rencana Penilaian : Laiseg, Laijapen, Laijapang
L. Rencana Tindak Lanjut : a. Bimbingan kelompok
b. Konseling individu
M. Catatan Khusus : Mengundang Narasumber dari PTN/PTS
…….., ……………...2011
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
…………………….. ……………………….
NIP NIP
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan 5:
((Mencapai Kematangan dalam Pilihan Karir)
Sekolah : SMA
Kelas/Semester : XII/1,2
Tahun :2005/2006
A. Bahasan/ Topik Permasalahan : Memilih Pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Orientasi, Informasi
D. Fungsi Layanan : Penyaluran
E. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa mampu memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat
F. Uraian Kegiatan
1. Strategi Penyajian : Klasikal :
a. Menyiapkan siswa untuk memasuki
proses pemberian layanan.
b. Pemberian layanan informasi tentang berbagai jenis lapangan kerja
c. Pengisian tentang penjajakan angket pemilihan pekerjaan.
2. Materi : a. Macam-macam profesi.
b. Macam-macam lapangan pekerjaan
c. Mengikuti pelatihan-pelatihan yang
sesuai dengan bakat dan minat.
G. Tempat Penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
I. Pihak yang disertakan/Peran : Disnaker, BLK
J. Alat dan Perlengkapan : OHP, Papan Tulis, Brosur,Angket
K. Rencana Penilaian : Laiseg, Laijapen, Laijapang
L. Rencana Tindak Lanjut : a. Bimbingan kelompok
b. Konseling individu
c. Mengikuti pelatihan
M. Catatan Khusus : Presentasi dari seorang tokoh yang sukses
…….., ……………...2011
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
…………………….. ……………………….
NIP NIP
PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK
Tugas Perkembangan 5 : Mencapai kematang dalam pilihan karir
Kelas/Semester : X, XI, /1,2
Topik Bahasan : Memilih kegiatan ekstrakurikuler
Bidang Bimbingan : Pribadi
Jenis Layanan : Informasi, Orientasi
Isi Materi : 1. Macam-macam kegiatan ekstrakurikuler
2. Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung karir
3. Kiat-kiat mencapai prestasi dalam kegiatan ekstrakurikuler
Penilaian - Laiseg
- Laijapen
- Laijapang
Instrumen Penilaian : Angket
No | Pernyataan | Jawaban | ||
| Ya | Tidak | ||
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 | Memahami jenis dan macam kegiatan ekstrakurikuler Mengikuti beberapa jenis kegiatan ekskul Mengikuti ekskul olah raga Mengikuti ekskul bahasa asing Mengikuti ekskul komputer Mengikuti ekskul musik Mengikuti ekskul vocal group Mengikuti ekskul keterampilan menjahit Kegiatan ekstrakurikuler bisa mendukung kegiatan karir Melaksanakan ekstra dengan tekun Mendapat dukungan dari orang tua untuk mengikuti ekskul Kesulitan memilih kegiatan ekskul Ada kesesusian kegiatan ekstra dengan pilihan karir Mengembangkan ekskul untuk mengembangkan prestasi Pilihan karir relevan dengan kegiatan ekskul | | | |
PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK
Tugas Perkembangan 5 : Mencapai kematangan dalam pilihan karir
Kelas/Semester : XII/1
Topik Bahasan : Memilih jurusan di Perguruan Tinggi yang tepat
Bidang Bimbingan : Pribadi
Jenis Layanan : Informasi, Orientasi
Isi Materi : 1. Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia
2. Penjenjangan Perguruan Tinggi
3. Pengelompokan Program Studi
Penilaian - Laiseg
- Laijapen
- Laijapang
Instrumen Penilaian : Angket
No | Pernyataan | Jawaban | |
Ya | Tidak | ||
1. 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 | Melanjutkan studi di perguruan tinggi Prioritas pertama melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri Prioritas kedua melanjutkan studi di perguruan tinggi swasta Mengetahui system regionalisasi PTN di Indonesia Melanjutkan studi pada program kependidikan Melanjutkan studi pada program non kependidikan Mengetahui sistem penjenjangan di PT Mengetahui jenjang pendidikan S1, S2, S3 Mengetahui jenjang pendidikan diploma 3 Mengetahui jenjang pendidikan gelar non gelar Mengetahui program pendidikan profesi Mengetahui program pendidikan ikatan dinas Memilih jurusan IPA sesusai dengan prestasi akademik Memilih jurusan IPS sesusai dengan prestasi akademik | | |
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan 6
(Mencapai Kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri
secara emosional, social, intelektual, dan ekonomi.)
Sekolah : SMA
Kelas/Semester : X/1,2
Tahun :2005/2006
A. Bahasan/ Topik Permasalahan : Belajar mengambil keputusan secara mandiri dalam bidang ekonomi.
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Informasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa mampu mengelola keuangan secara mandiri
F. Uraian Kegiatan
1. Strategi Penyajian : a. Secara Klasikal : siswa merespon
penjelasan Guru Pembimbing
tentang cara mengelola
keuangan secara efektif.
d. Secara Kelompok : Guru Pembimbing memberikan tugas untuk mendiskusikan materi tentang cara mengelola keuangan secara efektif.
e. Pengisian Format Penilaian tentang kemampuan mengelola keuangan secara efektif.
2. Materi : 1.Cara-cara/kiat menggunakan uang secara efektif.
2. Tips belanja hemat
G. Tempat Penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
I. Pihak yang disertakan/Peran : -
J. Alat dan Perlengkapan : OHP,Papan Tulis, Spidol, sumber yang relevan..
K. Rencana Penilaian : Penilaian Proses
L. Rencana Tindak Lanjut : a. Konseling Individual
b. Konseling Kelompok
M. Catatan Khusus :
…….., ……………...2011
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
…………………….. ……………………….
NIP NIP
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan 6:
(Mencapai Kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri
secara emosional, social, intelektual, dan ekonomi)
Sekolah : SMA
Kelas/Semester : XI/1,2
Tahun :2005/2006
A. Bahasan/ Topik Permasalahan : Berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Informasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa mampu berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari
F. Uraian Kegiatan
1. Strategi Penyajian : a. Secara Klasikal : siswa merespon penjelasan Guru Pembimbing tentang cara berpikir positif dan manfaat berpikir positif bagi kesehatan fisik dan mental
b.Secara Kelompok : Guru Pembimbing memberikan tugas untuk mendiskusikan materi tentang cara berpikir positif dan manfaat berpikir positif bagi kesehatan fisik dan mental
c.Pengisian Format Penilaian tentang cara berpikir positif dan manfaat berpikir positif bagi kesehatan fisik dan mental
2. Materi : 1. Cara-cara berpikir positif
2. Manfaat beprikir positif bagi
kesehatan fisik dan mental.
G. Tempat Penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi Waktu : 1x 45 menit
I. Pihak yang disertakan/Peran : -
J. Alat dan Perlengkapan : OHP, Papan Tulis, Angket
K. Rencana Penilaian : Laiseg, Laijapen, Laijapang
L. Rencana Tindak Lanjut : a. Bimbingan kelompok
b. Konseling kelompok
c. Konseling individual
M. Catatan Khusus :
…….., ……………...2011
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
…………………….. ……………………….
NIP NIP
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan 6:
(Mencapai Kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri
secara emosional, social, intelektual, dan ekonomi)
Sekolah : SMA
Kelas/Semester : XII/1,2
Tahun :2005/2006
A. Bahasan/ Topik Permasalahan : Memilih teman dekat sebagai persiapan untuk memasuki kehidupan keluarga.
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Informasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa mampu memilih teman dekat sebagai persiapan memasuki kehidupan berkeluarga
F. Uraian Kegiatan
1. Strategi Penyajian : a. Secara Klasikal : siswa merespon penjelasan Guru Pembimbing tentang Cara-cara bergaul dengan lawan jenis
b.Secara Kelompok : Guru Pembimbing memberikan tugas untuk mendiskusikan materi tentang Cara-cara bergauldengan lawan jenis
c.Pengisian Format Penilaian tentang Cara-cara bergaul dengan lawan jenis
2. Materi : Cara-cara bergaul dengan lawan jenis.
G. Tempat Penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi Waktu : 1x 45 menit
I. Pihak yang disertakan/Peran : -
J. Alat dan Perlengkapan : OHP, Papan Tulis, Angket,buku yang relevan.
K. Rencana Penilaian : Penilaian Proses
L. Rencana Tindak Lanjut : a. Bimbingan kelompok
b. Konseling individual
c. Konseling kelompok
M. Catatan Khusus :
…….., ……………...2011
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
…………………….. ……………………….
NIP NIP
PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK
Tugas Perkembangan 6 : Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, social, intelektual, dan ekonomi
Kelas/Semester : XI/1,2
Topik Bahasan : Berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari
Bidang Bimbingan : Pribadi
Jenis Layanan : Informasi, Orientasi
Isi Materi : 1. Cara-cara berpikir positif
2. Manfaat berpikir positif bagi kesehatan fisik
dan mental
Penilaian - Laiseg
- Laijapen
- Laijapang
Instrumen Penilaian : Skala Sikap Likert
----------------------------------------------------------------------------------------------------
Petunjuk Mengerjakan Skala Sikap
Jawablah pernyataan di bawah ini dengan membubuhkan tanda checklist pada kolom yang sesuai dengan pilihan anda
Keterangan :
SS : Sangat Setuju
S : Setuju
TPP : Tidak Punya Pendapat
TS : Tidak setuju
STS : Sangat Tidak Setuju
No. | Pernyataan | Jawaban | ||||
SS | S | TPP | TS | STS | ||
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 | Orang yang berpikiran positif selalu bangun pagi dengan perasaan senang. Selalu melaksanakan aktivitas pagi dengan perasaan tenang Selalu mengerjakan tugas atau pekerjaan dengan tidak mengeluh Menyapa orang lebih dulu bila berpapasan Tersenyum jika bertemu orang yang telah dikenal. Menampakkan raut wajah yang tenang pada setiap situasi. Selalu menghargai kelebihan orang lain Tidak menyalahkan orang lain bila menemui kegagalan. Mudah melakukan komunikasi dengan siapapun. Ketika berkomunikasi dengan orang lain tidak memiliki perasaan negatif. Tidak membicarakan kelemahan orang lain Di dalam pergaulan tidak membeda-bedakan teman/orang. Mudah memberikan pertolongan kepada orang yang memerlukannya. Berempati pada penderitaan orang lain Dapat mengendalikan emosi | | | | | |
Skoring :
1. SS diberi skor 5
2. S diberi skor 4
3. TPP diberi skor 3
4. TS diberi skor 2
5. STS diberi skor 1
Interprestasi Skor :
Skor maksimal : 75
Median : 36
Skor minimal : 5
Kelas Interval : 75 – 5 = 60 : 3 = 20
1. Diatas rata-rata 56- 75 :Anda telah memiliki pola pikir yang positif dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi ini dapat menunjang kesehatan fisik dan mental sehingga kepribadian anda akan berkembang optimal.
2. Rata-rata 36 - 55 : Anda perlu mengembangkan pola pikir yang
positif untuk mengembangkan kepribadian.
3. Dibawah rata-rata 15 - 35 : Anda harus belajar dan berlatih berpikir positif
agar mencapai kematangan emosional.
PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK
Tugas Perkembangan 6 : Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, social, intelektual, dan ekonomi
Kelas/Semester : XII/1,2
Topik Bahasan : Memilih teman dekat sebagai persiapan memasuki kehidupan Berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari
Bidang Bimbingan : Pribadi
Jenis Layanan : Informasi
Isi Materi : Cara-cara bergaul dengan lawan jenis
Penilaian - Laiseg
- Laijapen
- Laijapang
Instrumen Penilaian : Angket
------------------------------------------------------------------------------------------------
Petunjuk mengerjakan Angket
Jawablah pernyataan di bawah ini dengan membubuhkan tanda checklist pada kolom yang sesuai dengan pilihan anda
No. | Pernyataan | Jawaban | |
Ya | Tidak | ||
1 2 3 4 5 | Apakah anda sudah mempunyai teman dekat ? Apakah anda merasa cocok dengan teman dekat anda saat ini ? Apakah anda memperoleh manfaat yang positif dari hubungan ini ? Apakah anda dan teman dekat anda sudah merencanakan untuk berkeluarga ? Apakah anda sudah mempersiapkan diri secara psikologis untuk memasuki kehidupan berkeluarga ? | | |
Skoring :
Ya = 1
Tidak = 2
Interpretasi :
Skor 5 :Secara emosional anda sudah matang untuk memasuki kehidupan berkeluarga.
Skor di bawah 4 : anda belum matang secara emosional untuk memasuki kehidupan berkeluarga.
PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK
Tugas Perkembangan 6 : Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, social, intelektual, dan ekonomi
Kelas/Semester : X/1,2
Topik Bahasan : belajar mengambil keputusan secara mandiri dalam bidang ekonomi
Bidang Bimbingan : Pribadi
Jenis Layanan : Informasi
Isi Materi : 1. Cara-cara/kiat menggunakan uang secara
efektif.
2. Tips belanja hemat
Penilaian - Laiseg
- Laijapen
- Laijapang
Instrumen Penilaian : Angket
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Petunjuk mengerjakan Angket
Jawablah pernyataan di bawah ini dengan membubuhkan tanda checklist pada kolom yang sesuai dengan pilihan anda
No. | Pernyataan | Jawaban | |
Ya | Tidak | ||
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 | Apakah anda diberi uang saku secara khusus oleh orang tua ? Apakah uang yang diberikan oleh orang tua anda cukup untuk memenuhi keperluan anda ? Dapatkah anda mengatur keuangan dengan baik ? Apakah anda bisa menyisihkan uang saku yang diberikan orang tua anda ? Bila uang saku anda bersisa, apakah anda tabung ? Apakah anda sering pergi berbelanja ? Apakah anda membeli barang-barang sesuai dengan kebutuhan anda ? Jika ada jenis barang yang menarik perhatianmu, padahal anda tidak membutuhkannya, apakah anda akan membelinya ? Jika anda pergi ke swalayan atau toko, apakah anda sering membeli jenis makanan ringan/cemilan ? Apakah anda membeli baju setiap bulan ? | | |
Skoring :
Ya : 1
Tidak : 0
Interpretasi :
Skor maksimal : 10
Skor rata-rata : 5
1. Skor di atas rata-rata : Anda sudah dapat mengelola keuangan secara efektif.
2. Skor rata-rata : Anda perlu meningkatkan kemampuan anda dalam mengelola keuangan
3. Skor di bawah rata-rata : Anda perlu belajar cara mengelola keuangan secara efektif.
0 komentaran