METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN
- Pengertian, Fungsi, dan Kegunaan Metodologi Penelitian
Istilah metodologi berasal dari bahasa Yunani, yakni methodos dan logos. Kata methodos sendiri berasal dari kata meta dan hetodos.
Meta berarti : menuju, melalui, mengikuti, dan sesudah.
Hodos berarti : jalan, perjalanan, cara-cara.
Sehingga
kata methodos berarti penelitian, metode ilmiah, hipotesis ilmiah, dan
uraian ilmiah (imam, 2006). Dengan demikian metode ialah cara-cara
bertindak menurut sistem aturan tertentu. Ia merupakan langkah-langkah
sistematis yang digunakan dalam ilmu-ilmu tertentu.
Adapun
metodologi, ia merupakan logos atas methodos. Berarti menunjukan
proses, prinsip, dan prosedur yang dilakukan untuk mendekati masalah,
dan mencari jawaban atasmasalah tersebut. Metodologi mengkaji cara-cara
mendapatkan pengetahuan ilmiah. Dengan pengertian lain, metodologi ialah
: “Ilmu-ilmu yang membahas tentang metode-metode”.
Sedangkan
penelitian adalah terjemahan dari bahasa inggeris “Research”, ada yang
mengatakan research menjadi riset. Kata research berasal dari kata Re
yang berarti kembali, dengan “to search” yang berarti mencari. Dengan
demikian arti dari research ialah mencari kembali.
Menurut
Withney (1960), ia mengutip dafinisi penelitian dari beberapa ahli,
salah satunya dari john (1949) yang mengatakan penelitian adalah suatu
pencarian faktamenurut metode objektif yang jelas untuk menemukan
hubungan antarafakta dan menghasilkan dalil atau hukum.
Menurut
Arief Furchan dalam bukunya Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, jika
penelitian ilmiah diterapkan untukmenyelidiki masalah-masalah
pendidikan, maka hasilnya ialah penelitian pendidikan.
Penelitian pendidikan
ialah cara yang dilakukan orang untik mendapatkan informasi yang
berguna dan dapat dipertanggung jawabkan serta mengenai proses
kependidikan. Traves merumuskan penelitian pendidikan sebagai : “Suatu
kegiatan yang diarahkan kepada pengembangan pengetahuan ilmiah tentang
kejadian-kejadian yang menarik perhatian para pendidik”.
Tujian
penelitian pendidikan ialah menemukan prinsip-prinsip umum, atau
penafsiran tingkah laku yang dapat dipakai untuk menerangkan, meramalkan
dan mengendalikan kejadian-kejadian dalam lingkungan pendidikan. Dengan
kata laintujuannya ialah untuk memperoleh teori ilmiah.
- Hakekat Metodologi Penelitian
Metode
penelitian pendidikan mengkaji konsep-konsep, prinsip, pendekatan,
metode dan teknik penelitian pendidikan. Dibahas pula tentang penerapan
teori-teori penelitian dalam praktek di lapangan, khususnya dalam bidang
studi pendidikan umum.
Metode penelitian pendidikan perlu dikuasai oleh calon tenaga kependidikan dan mereka yang berprofesi kependidikan dalam upaya pencanderaan dan pengembangan kebijakan dan program-program pendidikan yang menjadi tugasnya.
Metode penelitian pendidikan perlu dikuasai oleh calon tenaga kependidikan dan mereka yang berprofesi kependidikan dalam upaya pencanderaan dan pengembangan kebijakan dan program-program pendidikan yang menjadi tugasnya.
- FUNGSI PENELITIAN
Menurut
Nuraida (2008), fungsi penelitian itu ada enam, salah satunya ialah
untuk menemukan dan menduduki wilayah-wilayah pengetahuan yang baru atau
dengan kata lain bisa dikatakan invention, innovation, discoveries, dan teknologi baru.
0 komentaran