SUGENG RAWUH

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Melalui jejaring sosial website ini, kami bertekad dapat menyuguhkan layanan informasi secara umum maupun khusus yang meliputi aktifitas KBM, kegiatan siswa, prestasi sekolah/siswa, PSB dsb. Yang dapat diakses oleh siswa, guru, orang tua/wali siswa dan masyarakat secara cepat, tepat dan efisien.
Akhir kata, semoga layanan web site ini bermanfaat.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Tabel Manfaat Komputer berbasis Internet untuk Bimbingan dan Konseling

Dikirim 0leh Arjo moemedo Sunday, January 23, 2011

omputer Technology Advantage for Guidance and Counseling
(Manfaat Aplikasi Teknologi Komputer untuk Bimbingan dan Konseling)
Berdasarkan potensi penggunaan komputer untuk konselor, dapat diuraikan manfaat penggunaan teknologi computer untuk Bimbingan dan Konseling (Sampson , Kolodinsky, & Greeno 1997). Setidaknya ada 28 (dua puluh delapan) manfaat dari penggunaan komputer berbasis internet terhadap profesi konseling, lihat table berikut :

Tabel Manfaat Komputer berbasis Internet untuk Bimbingan dan Konseling

No Manfaat Perangkat Komputer berbasis Internet yang digunakan
1. Bantuan diri Software
2. Client/therapist Email / surat elektronik
3. Collegial professional Email / surat elektronik
4. Diseminasi informasi Website / homepage
5. Dukungan / pengukuhan Chat rooms
6. Kegiatan asosiasi professional Newsgroups
7. Konsultasi a. Computer konferensi video, b. Newsgroups
8. Marketing Email / surat elektronik
9. Masukan Email / surat elektronik
10. Membantu diri sendiri Chat rooms
11. Monitoring inter-sessions Email / surat elektronik
12. Pekerjaan rumah a. Email / surat elektronik, b. Computer konferensi video, c. Software
13. Pelatihan keterampilan Software
14. Pelatihan kompetensi Simulasi terkomputerisasi
15. Pemasaran / periklanan Website / homepage
16. Penelitian a. Email / surat elektronik, b. Pangkalan data / FTP site
17. Penilaian dan analisis Pangkalan data / FTP site
18. Publikasi Website / homepage
19. Referral / alih tangan a. Newsgroups, b. Email / surat elektronik, c. Komputer konferensi video 20. Screening Email / surat elektronik
21. Sumber daya untuk informasi a. Newsgroups, b. Pangkalan data / FTP site
22. Sumber informasi perpustakaan Pangkalan data / FTP site
23. Supervisi Simulasi terkomputerisasi
24. Surat menyurat untuk penjadwalan / janji Email / surat elektronik
25. Terapi kelompok Chat rooms
26. Terapi a. Email / surat elektronik, b. Komputer konferensi video
27. Tindak lanjut post-therapeutic Email / surat elektronik
28. Transfer rekaman klien a. Email / surat elektronik, b. Pangkalan data / FTP site

Computer Based Internet for Guidance and Counseling
(Komputer Berbasis Internet untuk Bimbingan dan Konseling)

1. Internet Definition (Definisi Internet)
Interconnected Network atau yang lebih populer dengan sebutan Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Internet bisa memberikan informasi yang sifatnya mendidik, positif dan bermanfaat bagi ummat manusia. tapi juga bisa dijadikan sebagai lahan kejelekan dan kemaksiatan. Hanya etika, mental dan keimanan masing-masinglah yang menentukan batas-batasnya apakah anda ingin menjadi seorang netter, hacker atau craker.

2. Internet Fundamentals (Dasar-dasar Internet)
Dalam dunia internet ada istilah yang dikenal dengan browshing yakni kegiatan menjelajah dalam dunia maya untuk mencari informasi. Browsing merupakan kegiatan mencari informasi dengan fasilitas bantu yang disebut Browser. Istilah kedua adalah Search Engine atau mesin pencari merupakan sebuah situs yang membantu mencari informasi diinternet. Istilah ketiga adalah Chating yakni kegiatan diskusi atau percakapan yang dilakukan dalam dunia maya.

a. Browser adalah “alat pemandu menjelajah internet” yang akan mengantar anda malakukan berbagai aktivitas di internet “dunia maya”. Program standar penjelajah internet yang biasa kita pakai adalah Internet Explorer, karena pada dasarnya internet explorer merupakan bagian dari paket program sistem operasi windows, sebenarnya masih banyak web browser lain yang dapat anda gunakan walaupun cara pemakaiannya sama.

b. Search Engine atau mesin pencari merupakan sebuah situs yang membantu mencari informasi diinternet. Hanya dengan mencantumkan sebuah keyword atau kata kunci secara otomatis search engine akan mencari dan menyajikan semua informasi yang mengandung kata tersebut kepada user atau pengguna. Untuk mengakses situs search engine dalam dilakukan dengan menggunakan fasilitas browser. Dalam dunia internet ada satu search engine yang sangat populer digunakan yaitu “google”.

c. Chatting
Layanan IRC(Internet Relay Chat), atau biasa disebut sebagai “chat” saja adalah sebuah bentuk komunikasi diintenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah sesi chat, komnunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter dapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain. Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client, diantaranya yang paling populer adalah software mIRC. Ada juga beberapa variasi lain dari IRC, misalnya apa yang dikenal sebagai MUD (Multi-User Dungeon atau Multi-User Dimension). Berbeda dengan IRC yang hanya menampung obrolan, aplikasi pada MUD jauh lebih fleksibel dan luas. MUD lebih mirip seperti sebuah dunia virtual (virtual world) dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi seperti halnya pada dunia nyata, misalnya dengan melakukan kegiatan tukar menukar fileatau meninggalkan pesan. Karenanya, selainuntuk bersenang-senang, MUD juga sering dipakai oleh komunitas ilmiah serta untuk kepentingan pendidikan (misalnya untuk memfasilitasi kegiatan kuliah jarak jauh). Yahoo merupakan salah satu situs yang menyediakan fasilitas chatting yang cukup terkenal yakni yahoo messenger dengan softwarenya ymsr. Dengan fitur yang lebih lengkap seperti display foto, kamera (cam) dan suara (voice).
Dari berbagai uraian diatas maka seorang konselor dapat melakukan berbagai inovasi layanan bimbingan dan konseling dengan memanfaatkan internet. Konselor mungkin dapat memulainya dengan merancang sebuah bentuk layanan yang berbasis internet kemudian menuangkannya dalam satuan layanan dan mengaplikasikannya.

Research record (Catatan Penelitian)
Berdasarkan pengamatan dilapangan pada penyelenggaraan mata kuliah Pengenalan Komputer pada Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Lampung, dari 6 kelompok bimbingan menunjukkan adanya respon positif dari anggota kelompok. Banyak mahasiswa yang senang dengan kegiatan bimbingan yang diintegrasikan dengan internet. Walaupun ada beberapa mahasiswa yang memberikan respon negatif, namun jumlahnya tidak signifikan, ternyata respon ini hanya berasal dari mahasiswa yang belum mahir menggunakan komputer dan belum familiar dengan internet.

Conclusion (Penutup)
Dewasa ini, penggunaan internet telah merasuk pada hampir semua aspek kehidupan,
baik sosial, ekonomi, pendidikan, hiburan, bahkan keagamaan. Kita dapat mengetahui berita-berita teraktual hanya dengan mengklik situs-situs berita diweb. Demikian pula dengan kurs mata uang atau perkembangan di lantai bursa, internet dapat menyajikannya lebih cepat dari media manapun. Para akademisimerupakan salah satupihak yangpaling diuntungkan dengan kemunculaninternet. Aneka referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui internet tersedia dalam jumlah yang berlimpah. Para mahasiswa tidak lagi perlu mengaduk-aduk buku di perpustakaan sebagai bahan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Cukup dengan memanfaatkan search engine, materi-materi yang relevan dapat segera ditemukan. Selain menghemat tenaga dalam mencarinya, materi-materi yang dapat ditemui diinternet cenderung lebih up-to-date.

Buku-buku teks konvensional memiliki rentang waktu antara proses penulisan, penerbitan, sampai ke tahap pemasaran. Kalau ada perbaikan maupun tambahan, itu akan dimuat dalam edisi cetak ulangnya, dan itu jelas membutuhkan waktu. Kendala semacam ini nyaris tidak ditemui dalam publikasi materi ilmiah di internet mengingat meng-upload sebuah halaman web tidaklah sesulit menerbitkan sebuah buku. Akibatnya, materi ilmiah yang diterbitkan melalui internet cenderung lebih aktual dibandingkan yang diterbitkan dalam bentuk buku konvensional. Kelebihan sarana internet yang tidak mengenal batas geografis juga menjadikan internet sebagai sarana yang ideal untuk melakukan kegiatan belajar jarak jauh, baik melalui kursus tertulis maupun perkuliahan. Tentu saja ini menambah panjang daftar keuntungan bagi mereka yang memang ingin maju dengan memanfaatkan sarana internet.

Bagi mereka yang gemar bersosialisasi atau mencari sahabat, internet menawarkan berjuta kesempatan. Baik melalui email maupun chatroom, para pengguna internet dapat
menjalin komunikasi dengan rekan-rekannya di segala penjuru dunia dalam waktu singkat dan biaya yang relatif murah. Apabila dalam surat menyurat konvensional yang
menggunakan jasa pos, sebuah surat bisa menghabiskan waktu berminggu-minggu dalam
perjalanan lintas benua, maka sebuah email hanya membutuhkan hitungan detik untuk
dapat menjangkau segala sudut dunia.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya internet dapat menimbulkan suasana yang berbeda dalam menjalin hubungan antara konselor dengan klien. Tapi internet hanya sebatas alat atau media dalam penyelenggaraan layanan bimbingan konseling bukan sebagai tujuan, maka konselor juga perlu memperhatikan efektifitas penggunaannya. Keberhasilan layanan yang diberikan amat tergantung dari keterampilan konselor dalam mengelola layanan bimbingan dan konseling.

Reference Library (Daftar Pustaka)

Triyanto, Agus. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling. No. 01 Th. I, Januari 2006.
Universitas Negeri Yogyakarta.
Soemantri, Maman. (2006). Mengenal kebutuhan keahlian computer di perguruan tinggi.
(http://www.geocities.com/-mmsomantri/butuhkmpdipt.htm)

Ramadhani, Graifhan. (2003). Modul Pengenalan Internet.
(http://dhani.singcat.com/files/pengenalan_internet.pdf)

Hines, Peggy La Turno. (2003). Student Technology Competencies for School
Counseling Programs. (http://jtc.colstate.edu/vol2_2/hines/hines.htm)

0 komentaran

Total Pageviews

lalaaaa

berilah kritik dan saran pada saya
terimakasih.. salam Anharul Huda

ngobrol-ngobrol
[Close]

Like My Blog JO LALI PENCET JEMPOLNYA. OK

Blog Archive

sedulur adoh seg mampir