BAB 1
A. Latar Belakang Masalah
Belajar merupakan suatu proses yang ditandai adanya perubahan pada diri seseorang. Dalam proses ini tidak lepas dari persoalan-persoalan yang menunggu berlangsungnya proses belajar mengajar tersebut.
Efektifitas bimbingan belajar disekolah akan tercapai jika fungsi bimbingan belajar dapat terpenuhi dengan pelaksanaan berbagai layanan bimbingan belajar dan kegiatan didalamnya. Setiap pesoalan yang ada harus dapat dipecahkan atau dicairkan jalan keluarnya sehingga dalam belajar akan tercapai hasil yang optimal. Persoalan itu dapat datang dari dalam atau dari luar diri siswa. Untuk mengatasi permasalahan –permasalahan tersebut ada yang harus mendapat bantuan dari orang lain dan ada tanpa bantuan orang lain. Di sekolah bantuan dapt diberikan oleh guru atau kepala sekolah, namun tidak dapat disangkal bahwa usaha itu akan berlangsung efektif bila diselenggarakan oleh orang yang mempunyai keahlian dan pendidikan yang sesuai.
Bimbingan belajar di sekolah mempunyai funngsi yang integral dalam proses pendidikan dan proses belajar mengajar. Lebih utama lagi bimbingan belajar sekolah akan mempelancar proses tercapainya tujuan pendidikan di sekolah secara menyeluruh serta membantu siswa memperoleh kemajuan dalam perkembangan belajarnya secara optimal dan maksimal. Di sampinng itu kewajiban seorang pelajar adalah belajar . sebab titik berat dalam belajar bukan terletak pada guru, akan tetapi pada siswa. Siswalah yang harus aktif .
Proses belajar mengajar di sekolah murid berusaha mencari hasil atau prestasi belajar. Begitu juga pada jaman kemajuan sekarang ini belajar tidak hanya melalui pendidikan formal, juga melalui pendidikan non formal dengan bentuk lembaga- lembaga yang bernunculan di Indonesia. Untuk menghindari kekliruan dalam menggunakan sarana atau fasilitas belajar maka siswa memerlujkan adanya layanan bimbingan belajar efesien.karena dalam mencapai prestasi belajar, siswa sangat memerlukan bimbingan untuk belajar yang lebih efektif dan efesien, maka para guru dan tenaga pembinmbing harus memberikan bimbingan kepada para siswa bagaiman cara belajar yang efektif dan efesien.
Karena prestasi belajar siswa berbeda –beda khususnya prestasi belajar matematika, kemungkinan motivasi siswa yang berbeda beda itu menyebabkan timbulnya perbedaan prestasi belajar. Perbedaan motivasi para siswa mungkin juga merupakan salah satu akibat pelaksanaan program layanan bimbingan di sekolah
Oleh karena itu hubungan berprestasi siswa, perbedaan prestasi belajarnya dan layanan bimbingan belajar di sekolah perlu diteliti , agar para pembimbing dapat mengambil langkah- langkah secukupnya agar tujuan pendidikan tercapai.
0 komentaran