SUGENG RAWUH

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Melalui jejaring sosial website ini, kami bertekad dapat menyuguhkan layanan informasi secara umum maupun khusus yang meliputi aktifitas KBM, kegiatan siswa, prestasi sekolah/siswa, PSB dsb. Yang dapat diakses oleh siswa, guru, orang tua/wali siswa dan masyarakat secara cepat, tepat dan efisien.
Akhir kata, semoga layanan web site ini bermanfaat.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

A. Motivasi Berprestasi

Dikirim 0leh Arjo moemedo Monday, October 24, 2011


A.     Motivasi Berprestasi
1.      Motivasi
a.       .Pengertian Motivasi
Banyak beberapa ahli yang sudah mengemukakan pengertian motivasi dengan berbagai sudut pandang mereka masing-masing, namun intinya sama, yakni sebagai suatu pendorong yang mengubah energy dalam diri seseorang ke dalam bentuk aktivitas nyata untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam proses belajar, bekerja atau yang lain apabila dalam diri seseorang tersebut tidak ada motivasi, bisa diartikan motivasi adalah merupakan dorongan, alasan atau kemauan untuk melakukan suatu aksi tertentu yang diarahkan pada pencapaian tujuan yang diinginkan Saiful Bahri Djamarah (2002:114).   Untuk mempelajari tingkah laku manusia pada umumnya perlu diketahui apa yang dilakukan, bagaimana melakukannya. Pertanyaan mengapa seseorang melakukan sesuatu bertentangan dengan pemahaman tentang motif-motif manusia dalam perbuatanya. Gerungan  (1983:75). Motivasi merupakan salah satu aspek psikis manusia yang mendorong manusia untuk melakukan aktivitas untuk pemenuhan kebutuhan baik fisik maupun psikis yang mana motivasi manusia itu dikendalikan oleh hati nurani masing-masing manusia.
       Motivasi adalah suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan   (Usman, 2001:28).
       Dalam membicarakan motivassi ada dua sudut pandang yaitu motivasi intrinsic dan motivasi ekstrinsik keduanya sangat dibutuhkan dalam proses belajar siswa, siswa yang rajin belajar dan dapat meraih prestasi yang tinggi biasannya waktu proses belajar  ada motivasi intrinsic juga motivasi ekstrinsik.
a)              Motivasi Intrinsik
                 Yang dimaksud dengan motivasi intrinsic adalah motif-motif yang tidak dirangsang dari luar, karena dalam setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu.
b)              Motivasi Ekstrinsik
                 Motivasi ekstrinsik adalah kebalikan dari motivasi intrinsic. Motivasi ekstrinsik adalah motif-motif yang aktif dan berfungsi karena adanya perangsang dari luar. Motivasi ekstrinsik biasanya dating dari guru, orang tua maupun saudara atau sahabat, motivasi ekstrinsik diperlukan agar mau belajar.
b.         Ciri-Ciri Motivasi
1)      Faktor intelektual yaitu individu memupuk dan meningkatkan IQ yang pada giliranya akan memingkatkan pula pemahaman tentang motivasi untuk mencapai prestasi tinggi.
2)        Faktor emosional yaitu menyeimbangkan emosionalnya menghadapi kesulitan dan menuju pencapaian tujuan.
3)        Factor social yaitu individu meninkatkan interaksinya dengan lingkungan sekitar agar lingkungan sosialnya menambah motivasi untuk pencapaian atau prestasi.

0 komentaran

Total Pageviews

lalaaaa

berilah kritik dan saran pada saya
terimakasih.. salam Anharul Huda

ngobrol-ngobrol
[Close]

Like My Blog JO LALI PENCET JEMPOLNYA. OK

sedulur adoh seg mampir